Berita

Pangsa Pasar GNU/Linux Server di Indonesia Capai 50 Persen

Sistem operasi GNU/Linux semakin populer, baik di ranah desktop maupun server. Jika dilihat dari pangsa pasar desktop, 4 persen mungkin angka yang kecil, tetapi angka ini sebenarnya terus meningkat setiap tahunnya. Sedangkan dilihat dari pasar server, GNU/Linux adalah rajanya.

Linux

Tahun lalu, kami melaporkan bahwa pasar GNU/Linux server mencapai 99 persen. Angka yang sangat tinggi. Bahkan, salah satu implementasi GNU/Linux ada pada superkomputer tercepat Sunway TaihuLight yang berada di negeri tirai bambu. Menurut keterangan media lain, tahun ini pangsa pasar sistem operasi ini masih bertahan di 99 persen lebih.

Kami sangat penasaran, angka 99 persen merupakan pangsa pasar internasional, bagaimana dengan pasar server GNU/Linux di Indonesia? Sangat sulit mencari informasi detail mengenai hal ini, tetapi pernyataan Yudhi Kukuh, Technical Consultan PT Prosperita, Eset Indonesia bisa menjadi gambaran.

Seperti dilansir InfoKomputer, Yudhi menyatakan bahwa pasar GNU/Linux server di negeri ini mencapai 50 persen, berbanding terbalik dengan pasar Unix terus menurun.

Seperti yang kami sebutkan, detail data seputar pangsa pasar GNU/Linux server di Indonesia sangat sulit dicari. Namun, paling tidak pernyataan Yudhi Kukuh bisa menjadi pelega kita yang penasaran dengan hal tersebut.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top