Berita

Pangsa Pasar GNU/Linux Desktop Meningkat, Pasar Gaming Justru Menurun

Mengedjoetkan!

Pangsa pasar GNU/Linux desktop terus meningkat. Kita tahu bahwa GNU/Linux desktop termasuk sistem operasi yang tak begitu populer, oleh karena itu para pengguna dan pegiatnya pun setuju dan senang jika persentase pasar GNU/Linux desktop terus naik. Entah apapun alasannya, karena banyak orang semakin peduli dengan kebebasan perangkat lunak atau karena menyadari bahwa GNU/Linux desktop tak kalah handal dengan sistem operasi sebelah.

Terakhir kali, Kabar Linux melaporkan, pasar GNU/Linux desktop mencapai angka 2,36% pada bulan Juni 2017. Data ini diambil dari NetMarketShare, sebuah layanan yang mengumpulkan data statistik seputar teknologi internet.

Pasar GNU/Linux desktop
Figure 1. Pangsa pasar GNU/Linux desktop

Diambil dari tempat sama, bulan September, pangsa pasar GNU/Linux desktop menyentuh angka 4,83%. Beberapa hari sebelumnya justru mengagetkan, persentase menginjak 6% lebih, bersaing ketat dengan pasar macOS. Namun angka “6%” itu sepertinya disebabkan oleh kesalahan sistem yang keliru menghitung statistik atau keliru memasukkan pasar ChromeOS.

Sebagai catatan, berapapun angkanya, NetMarketShare tidak bisa menjadi patokan, mengingat cara pengumpulan data atau apapun yang berhubungan dengannya masih bisa diperdebatkan. Dalam laman NetMarketShare bahkan tertulis, laporan ini berisi data pratayang yang BELUM ditinjau oleh Jaminan Kualitas.

Pasar gaming menurun

Di sisi lain, meski pasar GNU/Linux desktop meningkat, pasar Linux gaming justru terus menurun. Terlihat di laman Hardware Survey Valve, pasar Linux gaming mandek di angka 0,6%. Setiap bulan angka tersebut memang terus turun.

Pasar gaming, tentu saja, masih dikuasai Windows yang cenderung meningkat. Persentase macOS saja ikut turun, mengikuti GNU/Linux.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top