Free Software Open Source Software

OpenShot 2.4.0 Meluncur, Kestabilan Lebih Terjamin

Menjelang akhir pekan, Jonathan Thomas meluncurkan OpenShot 2.4.0, rilis termutakhir untuk para editor video yang menjadikan perangkat lunak bebas/merdeka dan open-source sebagai senjata utama.

OpenShot

OpenShot 2.4.0 merupakan versi baru yang fokus pada peningkatan kestabilan, “ini merupakan rilis yang fokus pada stabilitas, dan usaha yang besar pada pengerjaan ‘di balik layar'”, ungkap Thomas.

Rilis ini telah meningkatkan fitur history undo/redo yang kini mampu tersimpan di setiap berkas proyek, memperbarui terjemahan, dan menyediakan menu baru freeze and zoom. Namun, yang paling penting, Thomas bersama pengembang lain berhasil mengatasi crash yang ditemukan pada kode OpenShot 2.x. “Tantangannya adalah mengisolasi crash, dan mencari jalan untuk memproduksi ulang crash di lingkungan pengembangan kami,” tambahnya.

“Hal ini terbukti sangat sulit, dan seringnya kami menjalankan pengujian kode berjam-jam sebelum crash terjadi. Dan tentu saja, perkakas penganalisis dan pen-debug menurunkan penulisan kode, dan mengurangi crash sejenisnya terjadi, atau bahkan mencegah crash sepenuhnya.”

Bagi Anda yang penasaran dengan detail crash race condition atau bug korupsi memori di atas, silakan baca pos pengumuman ini. Untuk mengunduh tarball atau berkas binary AppImage, silakan rujuk laman unduh openshot.org.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top