BSD

OpenBSD Lulus Dukung Platform ARM64, Begitu Juga dengan Syspatch-nya

Anda sedang mencari sistem operasi BSD untuk perangkat ARM64 (AArch64)? Ada berita bagus, sistem operasi OpenBSD resmi mendeklarasikan diri bahwa mereka mendukung platform ARM64.

OpenBSD

Sudah sekitar setahun lebih OpenBSD mendukung arsitektur ARMv7 dan mayoritas penggunanya pun sangat puas dengan hasil kerja para pengembang. Beberapa waktu kemudian, di rilis 6.1, pengembang mulai memperkenalkan dukungan ARM64. Namun, saat itu dukungan untuk platform tersebut belum mantap.

Baru awal Desember 2017 ini, Theo de Raadt, pimpinan pengembangan OpenBSD, “menyatakan” secara tidak langsung melalui commit bahwa OpenBSD resmi mendukung ARM64 secara totalitas. Jika Anda melihat laman daftar dukungan platform di OpenBSD.org, Anda akan melihat ARM64 di situ.

Selain berupa citra untuk ARM64, perkakas syspatch OpenBSD juga resmi mendukung arsitektur tersebut. Syspatch merupakan perkakas CLI untuk mengelola patch binary sistem dasar OpenBSD. Ia dipakai untuk mengunduh, memverifikasi, menginstal, maupun me-revert patch binary sistem operasi ini. Patch binary tersebut biasanya berupa perbaikan keamanan.

Dari keterangan yang disampaikan melalui OpenBSD Journal, sepertinya ia belum cukup stabil dipakai untuk membangun paket snapshot secara rutin.

Untuk melihat keterangan detail seputar dukungan ARM64 silakan kunjungi tautan ini.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top