Distro Fedora

Muncul Proposal Pengembangan Fedora Spin LXQt untuk Fedora 26

LXQtDesktop environment LXQt semakin populer. Semakin banyak pengguna yang menginginkan kehadiran desktop ini di distro GNU/Linux favorit mereka, salah satunya di distro Fedora. LXQt memang sudah tersedia di repositori resmi, tetapi seorang pengguna Fedora sekaligus anggota LXQt SIG (Special Interest Group) menginginkan lebih dari itu, dia baru saja mengirim proposal untuk membangun Fedora Spin LXQt.

LXQt merupakan proyek desktop environment yang relatif baru, yang dihasilkan dari penggabungan proyek LXDE dan Razor-qt, dan dikembangkan dengan toolkit Qt5. LXQt sendiri sudah hadir di repositori Fedora sejak versi 22.

Fedora Spin LXDE sudah ada, mungkinkah pengguna harus memperbarui sistem ke Spin LXQt? Tidak. Menurut Christian Dersch, pengirim proposal, Spin LXQt merupakan proyek independen. Jadi, Spin LXDE akan tetap ada.

“Spin LXDE tetap ada sampai pemelihara memutuskan untuk menghentikannya, (spin) LXQt terpisah dari spin LXDE. Jadi, pengguna tidak akan dipaksa untuk memperbaruinya 😉 Dan juga kedua proyek dipelihara upstream, sehingga tidak ada alasan untuk menghapus apapun di sini,” tutur Christian Dersch, via mailing list pengembang Fedora.

Proposal ini tidak akan dieksekusi sebelum Fedora Engineering and Steering Committee (FESCo) mengijinkan. Ditargetkan, Fedora Spin LXQt hadir di Fedora 26.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top