Free Software Open Source Software

Mozilla Rilis Firefox 55.0, Dukung Virtual Reality dengan WebVR

Mozilla baru saja meluncurkan peramban Firefox 55.0, rilis mayor baru untuk para pengguna dan penggemar peramban berlogo panda merah ini.

Firefox

Seperti yang terlihat di catatan rilis, versi Firefox 55.0 membawa cukup banyak fitur baru, sebanding dengan lamanya pengembangan yakni sekitar hampir dua bulan sejak kehadiran Firefox 54.0.

Peramban Firefox 55.0 telah memperbaiki kinerja sesi di mana sekarang ia mampu menampilkan sesi browsing secara instan meski memiliki banyak sekali tab. Untuk mendapatkan kinerja peramban yang lebih apik kini ia juga menghadirkan pengaturan performa pada Preferences/Options. Fitur baru lain yang jelas tak kalah menarik adalah dukungan WebVR, virtual reality melalui web.

Bersamaan dengan itu, antarmuka Firefox juga lebih fleksibel. Sidebar, yang berisi bookmark, history, dan tab tersinkronisasi, kini dapat dipindahkan ke bagian kanan. Fitur baru lain di antaranya fitur print langsung melalui print preview, search suggestion yang aktif secara default jika pengguna tidak menolaknya (opt-out), dan kemampuan untuk mencari kata kunci lewat mesin pencari favorit yang disediakan Firefox langsung via address bar.

Menyusul persiapan penutupan Flash oleh Adobe, Firefox 55.0 kini mengaktifkan click-to-activate pada Flash. Dengan demikian, jika pengguna ingin menampilkan Flash, pengguna harus mengkliknya terlebih dahulu. Flash pun hanya diizinkan muncul di URL http:// dan https://. Selain itu, peramban ini juga mendukung mikrofon stereo dengan WebRTC serta meningkatkan fitur Reader Mode.

Buat yang gemar menangkap layar sebuah laman, rilis ini membawa perkakas screenshot built-in keren. Layaknya perkakas pihak ketiga, perkakas tersebut mengizinkan pengguna untuk menyimpannya secara lokal atau mengunggahnya langsung ke awan. Di samping melalui repositori GNU/Linux (jika sudah tersedia), binary peramban ini juga bisa diperoleh melalui www.mozilla.org/en-US/firefox/new/.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top