Open Source Software

Microsoft Rilis Proyek Open-source Baru: Git Virtual File-System

Microsoft GVFS

Laman git Git Virtual File-System

Microsoft meluncurkan proyek open-source baru dengan nama Git Virtual File-System (GVFS)–jangan keliru dengan GNOME Virtual file system (GVfs). Penjelasan sederhananya, GFVS merupakan perangkat lunak untuk mengelola dan meningkatkan ukuran repositori git dengan lebih mudah.

GVFS merupakan perangkat lunak yang dipakai oleh Microsoft untuk mengatur codebase Windows dengan lebih dari 3,5 juta baris kode dan berukuran lebih dari 270 GB.

Pengembangan GVFS dimulai ketika Git client biasa tidak memuaskan Microsoft. Dengan codebase sebesar itu, menjalankan git status memakan waktu 10 menit sedangkan git checkout memakan waktu yang lebih lama, 3 jam. GVFS mampu memangkas waktu itu, dari 3 jam menjadi 30 detik untuk perintah checkout dan 10 menit menjadi 5 detik untuk perintah status.

“Dan kita sedang meningkatkan angka (waktu) itu supaya semakin baik,” ujar Saeed Noursalehi.

Untuk saat ini, GVFS baru mendukung Windows 10. Namun, setelah dirilis dengan lisensi MIT, besar kemungkinan ia akan hadir untuk GNU/Linux sebagai FUSE (Filesystem in Userspace) beberapa waktu lagi.

Untuk melihat repositori kode GVFS silakan kunjungi tautan ini. Penjelasan resmi, dapat disimak di blog MSDN.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top