Free Software Open Source Software

Mesa 17.2.6 Benahi GPU yang Macet Saat Jalankan Pemutar Media MPV di Intel

Hanya dua minggu sejak peluncuran versi 17.2.5, tim pengembang Mesa yang diwakili oleh Andres Gomez mengumumkan rilis pemeliharaan keenam untuk seri 17.2.

Mesa adalah driver open-source dan sekaligus merupakan implementasi dari spesifikasi OpenGL, Vulkan, dsb. Omong-omong jika selama ini Anda tidak pernah merasa menjalankan Mesa, driver Intel, AMD Radeon, dan Nouveau bawaan distribusi GNU/Linux Anda merupakan bagian dari Mesa.

Mesa

Kembali ke kabar rilis, Mesa 17.2.6 membawa banyak perbaikan pada driver Intel, khususnya i965. Kata Gomez, perubahan pada driver ini lebih fokus pada SIMD32 dan little-core meskipun juga membenahi macetnya GPU ketika dipakai untuk memainkan video dengan akselerasi perangkat keras pada MPV. Di bagian AMD, rilis ini juga mebenahi kebocoran memori RADV, begitu juga membenahi regresi performa pada driver SWR. Oiya, tak ketinggalan driver gallium juga mendapatkan perbaikan penting.

Bersamaan dengan itu, perbaikan bug juga bisa ditemukan di driver DRI2 pada platform Wayland yang sebelumnya crash saat dijalankan di sistem jadul dan pada kompilator SPIR-V, GLSL, dan kode Mesa Core yang masing-masing membawa pembenahan bug penting.

Untuk mencoba mengompilasi Mesa secara manual, silakan unduh tarball-nya via tautan ini (unduhan langsung).

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top