Distro Slackware

Masih Eksperimen Awal, KDE Plasma 5 Wayland Dapat Berjalan di Slackware

Eric Hameelers alias alienBOB, kontributor Slackware, berhasil menjalankan KDE Plasma di atas Wayland.

Slackware

Pada tahun 2016, Eric mulai bereksperimen dengan desktop KDE Plasma di atas Wayland. Bukan pekerjaan yang mudah mengingat Wayland memerlukan komponen logind, komponen dari systemd, untuk menjalankannya. Namun, terima kasih kepada wingo yang telah menginisialisasi proyek elogind—​proyek yang memisahkan source code logind dari source tree systemd, sehingga Slackware bisa menggunakannya tanpa perlu komponen-kekinian-yang-tidak-mungkin-masuk-Slackware systemd.

Pada mulanya, Eric memanfaatkan elogind sebagai komponen untuk menjalankan KDE Plasma Wayland, di kemudian hari ia menggantinya dengan ConsoleKit2 menyusul komponen ini sudah didukung KDE Plasma 5.11.

KDE Plasma 5 Wayland berhasil berjalan!

Setelah implementasi yang sempat gagal meskipun Eric berhasil membenamkan elogind dan ConsoleKit2, Eric berhasil mengidentifikasi, ternyata kegagalannya disebabkan oleh penerapan PAM. PAM atau Pluggable Authentication Modules merupakan fitur pengatur otentifikasi dinamis yang tidak tersedia di Slackware.

“Saat Anda login ke system yang menjalankan PAM, sesi login teregistrasi di bus menggunakan ConsoleKit2 atau systemd-logind. Distro bebas-PAM Slackware memerlukan tambahan perintah ‘ck-launch-session’ di depan perintah ‘dbus-launch’ untuk mengoneksikan sesi ConsoleKit2 baru ke bus dan memperkenankan KWin menemukannya …​ setelah saya memperbaiki itu, sesi Wayland saya berhasil berjalan!” Jelas sang kontributor Slackware.

Layaknya fitur yang baru dikembangkan, implementasi KDE Plasma Wayland di Slackware hanya dapat berjalan sekadarnya, belum sempurna. Masih ada masalah yang perlu dibenahi, seperti GNOME Keyring dan Yakuake yang tidak dapat berjalan, Dropbox yang juga tidak dapat berjalan (meski bisa diatasi dengan meng-unset variable QT_QPA_PLATFORM), dan tray HP yang mengonsumsi CPU hingga 100%.

Menjalankan KDE Plasma 5 Wayland di Slackware

Pastikan Slackware Anda memiliki paket wayland-protocols, ConsoleKit2 paling baru, dan paket Mesa, xorg-server, qt5, libxkbcommon, kwayland, plasma-framework, kscreenlocker, kinfocenter, libkscreen2, kwayland-integration, plasma-integration, plasma-dekstop, kwin, dan powerdevil yang dikompilasi ulang setelah tag ‘alien’ diganti ke ‘wayland’.

Penggantian tag ini merupakan backup jika sewaktu-waktu KDE Plasma Wayland Anda tak berjalan sempurna dan ingin kembali ke KDE Plasma 5 normal (dengan Xorg).

Jika paket KDE Plasma 5 Wayland sudah terinstal. Anda dapat menjalankan perintah startkwayland melalui runlevel 3 atau pilih sesi “Plasma (Wayland)” melalui runlevel 4 (SDDM).

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top