Distro

Masih Didiskusikan, Lubuntu 17.10 Berbasis LXQt Akan Bawa Qupzilla dan Openbox

Simon Quigley mengabarkan beberapa aspek menarik seputar perkembangan Lubuntu Next 17.10, edisi Lubuntu selanjutnya yang menggunakan desktop environment LXQt sebagai desktop default.

Lubuntu

Tangkapan layar awal Lubuntu berbasis LXQt

Apabila Anda tak cukup kekinian dengan perkembangan salah satu varian (flavour) Ubuntu ini. Pengembang Lubuntu memang berminat mengimplementasikan desktop LXQt sejak Lubuntu 17.04, tetapi gara-gara masalah teknis, hal itu tidak kesampaian. Mulai Lubuntu 17.10 nanti, pengembang siap membenamkan LXQt sebagai desktop alternatif, desktop default Lubuntu sendiri masih akan memakai LXDE.

Dalam berkas ISO Lubuntu Next 17.10 terbaru, Lubuntu ber-LXQt ini digadang-gadang menggunakan Qupzilla sebagai peramban web default dan juga VLC sebagai pemutar medianya. Mengikuti desktop environment tersebut, Lubuntu Next 17.10 menggunakan manajer berkas PCManFM-Qt dan emulator terminal QTerminal.

Seperti Kubuntu, Lubuntu Next 17.10 juga menggunakan SDDM sebagai display manager-nya. Sedangkan untuk membantu pengguna menginstal paket aplikasi, Lubuntu akan membenamkan manajer paket GUI Muon. Meski perangkat lunak yang disebut di atas sudah ada di ISO Lubuntu Next 17.10, bukan berarti ia masih akan dipakai hingga rilis final nanti. Tentu saja, saat ini pengembang masih mempertimbangkan seputar aplikasi lain yang berpotensi dibenamkan di Lubuntu 17.10 LXQt, seperti Audacious, LibreOffice, qpdfview, editor teks JuffEd, dan lain sebagainya.

Desktop LXQt di distro ini kemungkinan besar akan memanfaatkan Openbox sebagai window manager. Quigley menyampaikan, beberapa aplikasi ini akan dipastikan di rilis Alpha 2 yang akan hadir 27 Juli nanti. Sedangkan lainnya akan dipastikan di versi Beta 1 31 Agustus 2017 nanti. Jika Anda penasaran dengan calon Lubuntu 17.10 ini, silakan unduh berkas daily build melalui tautan ini.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top