Distro Manjaro

Manjaro Hapus Dukungan Arsitektur 32-bit

Di era ini, arsitektur 32-bit sudah tidak begitu populer. Beberapa distro GNU/Linux sudah menganggap arsitektur tersebut kuno, tidak perlu didukung lagi. Distro yang dimaksud seperti Arch Linux, PCLinuxOS, dan Tails.

Manjaro

Mengikuti jejak Arch Linux, Manjaro akhirnya memutuskan hal serupa. Kata Philip Müller, pimpinan proyek Manjaro, “karena popularitas i686 yang terus menurun di kalangan pengembang dan komunitas, kami memutuskan untuk menghapus dukungan arsitektur ini (32-bit -pen).”

Rilis ISO berikutnya, Manjaro 17.0.3 akan menjadi ISO terakhir yang menyediakan instalasi 32-bit. Periode pengusangan 32-bit akan terjadi selama bulan September hingga Oktober. Itu berarti, selama dua bulan para pengguna Manjaro 32-bit tetap akan memperoleh pembaruan paket. Bulan November 2017, paket-paket 32-bit akan dihapus total.

Bagi pengguna Manjaro 32-bit diharapkan untuk bersiap-siap mengganti sistemnya ke 64-bit. Kecuali jika komputer yang Anda miliki memang benar-benar lawas (berusia lebih dari 1,5 dekade), Anda disarankan untuk mencari distro lain yang masih mendukung 32-bit.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top