Distro Manjaro

Manjaro 17.0 “Gellivara” Meluncur dengan Banyak Pembaruan

Manjaro

Pengembang distro berbasis Arch Linux, Manjaro, meluncurkan seri Manjaro 17.0 untuk para pengguna setianya. Diberi nama kode “Gellivara”, untuk saat ini Manjaro sudah menyediakan tiga edisi; Manjaro KDE 17.0, Manjaro Xfce 17.0, dan Manjaro GNOME 17.0, yang dapat diunduh oleh calon pengguna.

“Manjaro Fringilla merupakan rilis yang hebat! Sekarang dengan bangga kami mengumumkan rilis stabil terkini kami ‘Gellivara’. Ia menghabiskan waktu lebih dari dua bulan sebagai persiapan seri rilis baru untuk 2017,” tutur Philip Müller, pimpinan pengembangan Manjaro.

Manjaro 17.0 hadir dengan desktop environment KDE Plasma 5.9.3 yang disandingkan dengan KDE Applications 16.12.3 dan KDE Framework 5.31.0. Buat para penggemar desktop environment ringan, Manjaro juga menyediakan Xfce 4.12.

Gellivara hadir dengan pembaruan kernel Linux 4.9 LTS. Bagi pengguna yang ingin menggunakan kernel terbaru, Manjaro juga menyediakan seri Linux 4.10 yang dapat diinstal melalui perkakas Manjaro Settings Manager (MSM). Selain itu, versi ini juga membawa Xorg 1.19 seri terbaru, pembaruan Manjaro Tools & Profiles, perkakas MHWD yang mampu menangani binary libglx dengan lebih baik, manajer paket Pamac 4.3.0 dengan dukungan AUR, dan pembaruan tema.

Sedangkan bagi penggemar edisi GNOME, Manjaro GNOME 17.0 hadir dengan ekstensi yang meningkatkan fungsionalitas desktop seperti menu klasik Gnomenu, Openweather, TaskBar, dock DashtoDoc, dan lain sebagainya.

Berkas ISO Manjaro 17.0 ini dapat diunduh di tautan ini sedangkan edisi GNOME dapat diunduh di tautan ini. Untuk para pengguna yang ingin mendapatkan Gellivara, mereka hanya perlu menjalankan perintah update melalui Pamac, Octopi, atau perintah pacman -Syu melalui terminal.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top