Free Software Open Source Software

Manajer Paket Software Boutique dari Ubuntu MATE Bakal Dukung Snap

Sudah cukup lama sejak perkakas Ubuntu MATE Software Boutique (atau Software Boutique saja) mendapatkan banyak pembaruan, sekarang perkakas ini juga segera memeroleh perubahan besar.

Martin Wimpress, pimpinan pengembangan Ubuntu MATE, dan Luke Horwell sedang mengerjakan dukungan Snap di manajer paket GUI tersebut. Ditargetkan, fitur dukungan Snap ini akan hadir di Ubuntu MATE 17.10 Artful Aardvark yang akan meluncur bulan Oktober tahun ini.

Dijelaskan oleh Wimpress, pembaruan Software Boutique dimulai ketika pengembang bermaksud menghapus aptdaemon dari repositori apt dan melepaskannya dari backend Software Boutique. Aptdaemon merupakan backend sistem manajemen paket yang telah ditinggalkan oleh upstream (Debian) dan diganti oleh PackageKit.

Software Boutique

Software Boutique (Martin Wimpress)

Untuk implementasi Snap di perangkat lunak ini, Ubuntu MATE memanfaatkan snapd-glib. “Menambahkan dukungan Snaps berarti kami menyediakan lebih banyak aplikasi berkulitas tingg di Software Boutique yang tidak tersedia di PPA atau arsip Ubuntu,” jelas Wimpress.

Selain dukungan Snap, Software Boutique juga akan memiliki sistem pencarian yang lebih apik; mencari paket aplikasi di arsip Ubuntu maupun di toko aplikasi Snap, serta mendukung tema. Anda dapat menyimak kode Software Boutique di Github (pengembang memang sedang dalam proses mengalihkan repositori kode dari BitBucket ke Github).

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top