Distro Linux Mint

Linux Mint 18.3 Dapatkan Nama Kode, Akan Peroleh mintReport dan Dukungan Timeshift

Setelah penasaran cukup lama dengan nama kode Linux Mint 18.3, akhirnya pimpinan pengembang Clement Lefebvre mengumumkannya. Ini dia perkenalkan Sylvia!. Seperti yang sudah diprediksi, karena namakode Linux Mint 18 berawalan huruf “S”, tentu saja rilis minor yang mengikutinya pasti berawalan “S”.

Sebut saja, Linux Mint 18 (Sarah), Linux Mint 18.1 (Serena), Linux Mint 18.2 (Sonya, dan yang baru nanti Linux Mint 18.3 (Sylvia).

Selain mengumumkan nama kode, Lefebvre juga menyebutkan bahwa perkakas Backup Tools untuk Sylvia semakin matang. Bahkan, pengembang Linux Mint mengajak Tony George, pengembang Timeshift, untuk menyediakan integrasi yang baik antara Timeshift sendiri dan perkakas Backup Tools Linux Mint. “Saat ini kami bekerja dengan Tony untuk meningkatkan terjemahan dan integrasi desktop untuk Timeshift, menambahkan dukungan jendela progress, dan meningkatkan dukungan HiDPI,” kata Lefebvre.

mintReport Linux Mint
Figure 1. mintReport

Fitur lain yang tak kalah menarik adalah mintReport, perkakas untuk menunjukkan laporan crash yang bakal membantu pengguna melakukan troubleshoot sistem. Perkakas ini memanfaatkan apport sebagai backend. Begitu juga dengan dukungan HiDPI pada Driver Manager, pendeteksian CPU yang lebih baik, dukungan jendela progress pada dialog Synaptic, serta banyak peningkatan pada aplikasi bawaan desktop, termasuk Xreader dan Xplayer.

Selain hal di atas, pengembang juga memperbarui dukungan HiDPI pada Cinnamon, modul konfigurasi Cinnamon Spices, dan memperbarui ekstensi Nemo.

Kapan kita bisa menikmati Linux Mint 18.3 Sylvia? Diperkirakan, Linux Mint 18.3 bakal meluncur Desember 2017, menyusul kehadiran pembaruan Ubuntu 16.04 LTS di bulan yang sama.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top