Distro Linux Mint

LightDM, Unity-greeter, dan Update Manager yang Lebih Informatif Akan Hadir di Linux Mint 18.2

Siapa penggemar berat Linux Mint yang menunggu-nunggu kehadiran Linux Mint 18.2? Apa saja sih, pembaruan yang akan dibenamkan di versi ini?

Seperti yang disampaikan Clement Lefebvre kemarin malam waktu Indonesia, Linux Mint 18.2 akan menghadirkan LightDM dan unity-greeter secara default. Selama ini, Linux Mint menggunakan MDM sebagai display manager-nya.

Kehadiran dua display manager baru ini akan memperkaya Linux Mint sebagai distro para pemula yang mampu dimodifikasi sesuai keinginan mereka.

Linux Mint

LightDM di Linux Mint

LightDM dianggap sebagai display manager standar yang kaya fitur dibandingkan MDM yang selama ini mereka pakai. Apalagi LightDM mempunyai kemampuan yang mengijinkan pengguna login sebagai tamu (guest). Di sisi lain, unity-greeter keren. Sayangnya, ia tidak mendukung Debian sehingga masih belum diputuskan apakah varian LMDE akan tetap menggunakan MDM atau beralih ke LightDM. “Kami masih menguji dan mengintegrasikan sistem operasi dengan LightDM untuk memastikan semuanya berjalan baik,” tutur Lefebvre.

Pembaruan di Xreader dan Update Manager

Selain kehadiran LightDM dan unity-greeter, kemungkinan besar aplikasi pembaca dokumen PDF Xreader juga akan mendapatkan pembaruan. Saat ini, pengembang sedang disibukkan dengan pembaruan antarmuka, sidebar, dan toolbar. “Aplikasi ini akan mendukung tema gelap dan ikon symbolic serta tombol baru yang ditambahkan di toolbar untuk beralih ke mode view berbeda secara cepat,” tambahnya.

Selain itu, terima kasih kepada para pengembang, mereka akan menyediakan bacaan help yang lebih banyak di Update Manager. Help ini akan menjelaskan apa itu update, regresi, seberapa pentingkah mereka, apa saja level dan kebijakan pembaruan di Linux Mint, dsb. Update Manager ini pas digunakan untuk menjelaskan secara tidak langsung kepada pengguna kasual keamanan sistem operasi yang mereka pakai.

Jika Anda tipe pengguna geek yang ingin mengotomatisasi pembaruan, pengembang Linux Mint juga menyediakan perkakas CLI mintupdate-tool. Perkakas ini bisa disandingkan dengan skrip kustom dan bisa dijalankan dengan cron job. Layaknya Update Manager GUI, mintupdate-tool mampu memperbarui kernel, celah keamanan, dan lain sebagainya.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

1 comment on “LightDM, Unity-greeter, dan Update Manager yang Lebih Informatif Akan Hadir di Linux Mint 18.2

  1. anan234 says:

    mantab jaya, layak ditunggu sebagai pengguna mint

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top