Free Software Open Source Software

Krita 3.3.0 Fokus Tingkatkan Dukungan Windows, Perbarui Plugin GMIC dan Komponen Lainnya

Dikembangkan kurang dari sebulan, tim Krita meluncurkan Krita 3.3.0 sebagai rilis pembaruan dan termutakhir untuk para pelukis digital.

Fitur-fitur baru mencolok yang dibawa di rilis ini hanya fokus untuk platform Windows, termasuk dukungan API event yang mengizinkan jalannya n-trigpen pada Surface line pada laptop secara alami. Fitur ini dapat diaktifkan melalui Tablet settings. Di samping itu pengembang telah berhasil merefaktor fungsionalitas display hardware-accelerated untuk secara opsional menggunakan Angle pada Windows alih-alih OpenGL murni. Fitur ini pun dapat mengatasi beberapa masalah dengan chip display Intel.

“Ini berarti beberapa masalah dengan chip display Intel dan kerusakan versi driver teratasi karena Krita sekarang menggunakan Direct3D secara langsung,” papar pengembang.

Krita
Figure 1. Laman Krita.org

Di luar itu, pembaruan/perbaikan yang lebih umum dapat ditemukan pada Krita untuk GNU/Linux di antaranya pembenahan bug pada layar HiDPI, fitur mode blending dan brush yang kini dapat termuat dengan benar saat startup, serta pembenahan kursor yang rusak pada mode color picker saat display hardware-accelerated tidak aktif.

Krita 3.3.0 juga telah memperbarui plugin GMIC dan memperbarui kemampuan untuk menelaah konten gambar sebelum menampilkannya. Fitur kedua tersebut memperbaiki masalah ketika Krita membuka berkas gambar berekstensi .png yang aslinya adalah berkas jpeg. Selain itu, rilis ini juga menambahkan empat opsi CLI baru, memperbaiki fitur layer, seleksi, serta meningkatkan performa sehingga mampu membuat thumbnail layer lebih cepat muncul.

Selain berupa tarball, Krita juga menyediakan berkas binary AppImage 64-bit di tautan ini (unduhan langsung).

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top