Free Software Open Source Software

Krita 3.1.2 Dukung Audio pada Fitur Animasi dan Mode Continue di Selection Tool

Krita

Perangkat lunak digital painting bebas/merdeka dan open-source, Krita 3.1.2 diluncurkan sebagai rilis perbaikan bug (bugfix release). Versi ini menjadi versi paling mutakhir untuk aktivitas menggambar secara digital para penggunanya.

Meskipun berupa rilis perbaikan bug, Krita 3.1.2 membawa fitur baru yang menarik, yakni dukungan audio pada fitur pengolahan animasi. Pengguna dapat mengimpor audio dengan format WAV, MP3, OGG, maupun FLAC. Untuk merender animasi bersama suaranya, Anda bisa men-cek opsi untuk memasukkan audio sebelum dieksport. Fitur ini masih fitur eksperimental, jadi harap maklum apabila fitur ini masih bermasalah.

Anda dapat melihat demo fitur dari Timothée Giet di bawah ini.

Fitur baru lain yang tidak kalah menarik adalah checkbox untuk mengaktifkan HiDPI pada dialog setting, kemampuan untuk menonaktifkan seleksi dengan selection tool, serta mode continue dengan tombol Ctrl ketika pengguna memainkan Outline Selection tool.

“jika Anda menekan tombol ctrl ketika menggambar dengan outline selection, seleksi tidak akan berhenti ketika Anda mengangkat stylus dari tablet. Anda bisa meneruskan aktivitas menggambar seleksi dari titik manapun,” kata pengembang Krita.

Krita 3.1.2 juga memperbaiki banyak bug, termasuk bug saat mengekspor ke PDF, bug pada tombol erase mode, pada pengaturan cumulative undo, dsb.

Anda bisa mengunduh Krita melalui repositori resmi (bila sudah tersedia) atau mengunduh berkas AppImage-nya lewat tautan ini. Sebagai catatan, fitur dukungan audio belum tersedia di Krita versi AppImage.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top