Berita

Kompatibilitas Inkscape 0.92 Buruk, Rusak Berkas SVG Lawas

Inkscape

Inkscape 0.92 sudah meluncur. Banyak sekali desainer grafis pendukung perangkat lunak bebas/merdeka dan open-source yang menyambutnya dengan senang hati, mengingat ia merupakan versi baru sejak dua tahun lalu dan membawa beragam fitur baru yang sangat menarik.

Sayang, berita kehadiran Inkscape 0.92 tidaklah selalu bagus. David Revoy, desainer grafis dan juga promotor penggunaan aplikasi bebas/merdeka dan open-source sebagai alat desain, kecewa lantaran Inkscape 0.92 tidak kompatibel dengan berkas SVG yang dibuat dengan Inkscape 0.91. Ruang karya populernya, Pepper&Carrot, dengan 10.804 berkas SVG jadi korban masalah ketidakkompatibelan ini.

Bug bisa ditemukan di mana saja, tetapi kekecewaan David semakin menjadi-jadi karena sudah ada 5 bug sama yang dilaporkan dan selama itu pula tidak ada tindak lanjut dari pengembang kecuali saran untuk menggunakan ekstensi eksternal untuk mendeteksi perubahan dan pengguna harus mengubahnya satu persatu.

“Lalu jika saya melakukannya (mengubah satu persatu -red); apakah Inkscape mengatakan hal yang sama di Inkscape 0.93? Tipe pengembangan yang mengandalkan ‘pengguna harus memperbaikinya sendiri’ harus dihentikan,” kata David di laman Pepper&Carrot.

Bug ini ada pada penggunaan spacing yang merusak SVG lawas.

Pengembang akan segera memperbaikinya

Terima kasih kepada pengembang Inkscape. Setelah tulisan dari David Revoy terbit dan menjadi viral, bug ini segera diperbaiki.

Menurut pengembang, perbaikan akan hadir di Inkscape 0.92.2.

“Mereka (pengembang) berencana membuat Inkscape ‘memutuskan yang terbaik’ untuk meng-convert berkas, layaknya saat berkas SVG dari 0.48 ke 0.91, dan hanya memberitahu pengguna dengan kotak dialog yang lebih detail saat pilihan (convert) sangat kontroversial.”

Bagi yang ingin membaca tulisan David Revoy, silakan berkunjung ke tautan ini.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top