Berita

Kodi Dianggap Perangkat Lunak Bajakan, Apa yang Terjadi?

Di kala isu menyakitkan yang menerpa Kodi, para pengembang tetap semangat merilis Kodi 17.0 “Krypton”. Terima kasih!

Ngomong-ngomong apa yang terjadi pada Kodi?

Kodi adalah perangkat lunak bebas/merdeka dan open-source media center untuk menikmati beragam hiburan (video, musik, dll) dengan tampilan menarik, layaknya Anda menonton film melalui Netflix. Sebagai perangkat lunak bebas/merdeka, pengguna diijinkan untuk memasangnya di peranti apapun.

Kodi

Kodi menyediakan addons-addons resmi yang sangat menarik. Pengembang pun memperbolehkan para pegiat untuk membangun addons secara “mudah” yang akan meningkatkan fungsionalitas Kodi. Namun, ini menarik perhatian orang-orang yang hobi menyediakan barang-barang illegal copy dan bajakan, begitu banyak addons-addons yang berfungsi mengambil video kanal TV populer atau layanan semacam Netflix secara ilegal.

Pahitnya lagi, lebih banyak orang yang tak bertanggung jawab muncul yang membundel Kodi bersama addons-addons ilegal tersebut ke dalam perangkat tersendiri, yang kemudian dijual.

Gara-gara fenomena ini, Kodi dianggap sebagai perangkat lunak bajakan. Pada tahun 2016, BBC menyebut Kodi sebagai wabah bajakan. Mirror menyebutnya sebagai “jalan untuk mencari film atau stream dan tayangan olahraga ilegal yang ditampilkan dengan antarmuka bergaya Netflix.”

Sebenarnya, tuduhan perangkat lunak bajakan kepada Kodi adalah hal yang konyol. Seperti saat kita menuduh peramban Google Chrome adalah aplikasi bajakan karena pengguna dapat mencari konten film bajakan berupa torrent atau apapun melalui peramban ini.

Pertarungan Kodi

Kodi tidak diam saja. Kodi telah menyatakan secara tegas bahwa addons-addons pihak ketiga dan kotak perangkat yang dijual dengannya tidaklah perhubungan dengan tim Kodi.

Dan di versi selanjutnya, Kodi mengharuskan pengguna untuk mengatur sendiri repositori pihak ketiga, itupun diberi peringatan bahwa sepenuhnya mereka tidak mendukung repositori tersebut. Selain itu, Kodi telah menghapus segala hal yang berhubungan dengan addons ilegal di forum, wiki, maupun laman Reddit Kodi.

Usaha lain adalah menerbitkan pesan berulang-ulang bahwa kotak perangkat Kodi yang mengijinkan orang-orang melihat acara Netflix dsb adalah hal ilegal serta kotak perangkat tersebut sama sekali tidak berhubungan dengan tim Kodi, termasuk tulisan dari Nathan Betzen ini.

Masa depan yang cukup cerah

Usaha-usaha Kodi untuk melawan pembajak sepertinya akan berakhir baik. Beberapa media telah mengoreksi berita keliru seputar Kodi, seperti BBC. Apalagi kabar terbaru ini, TorrentFreak mengabarkan bahwa addons Exodus, addons untuk melihat film dan acara TV secara ilegal melalui Kodi, berpotensi menjadikan perangkat pengguna sebagai Botnet DDOS.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top