Berita

Kernel.org Akan Tutup Server FTP

Kernel.org

Situs Kernel.org

Setelah bertahun-tahun menggunakan server FTP sebagai penyedia repositori kernel, Kernel.org akan menutup server tersebut beberapa bulan lagi. Ini merupakan keputusan kesekian kali setelah pengembang menutup server SMB/CIFS belasan tahun lalu.

“Mari kita hadapi — meski terlihat rapi dan nyaman, menyediakan server publik NFS/CIFS merupakan Ide yang Sangat Buruk, tak hanya karena protokol ini cukup mengerikan saat melalui koneksi berlatensi tinggi, tetapi juga karena implikasi keamanan yang penting,” ucap administrator kernel.org. “Well, 19 tahun kemudian kami berpikir bahwa ini saatnya mematikan layanan lainnya yang mempunyai implikasi protokol dan keamanan penting — server FTP kami.”

Menurut pengembang, protokol FTP tidak efisien. Apalagi ia membutuhkan pengaturan firewall dan load-balancing daemon yang aneh. Selain itu, server FTP tidak mendukung akselerator dan caching serta implementasi perangkat lunak yang berhubungan dengan FTP sangat stagnan.

Ada dua server FTP. Server utama, ftp://ftp.kernel.org, akan ditutup pada tanggal 1 Maret 2017 yang disusul oleh mirror-nya, ftp://mirrors.kernel.org yang akan ditutup 1 Desember 2017.

Jadi, bagi para pengguna yang terbiasa mendapatkan source code kernel Linux melalui FTP, harus mulai berpaling ke HTTP, Git, atau Rsync.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top