Kernel

Kernel Linux-libre 4.14 Hadir, Hapus Driver Blob Realtek RTL8822BE

Hari kemarin, Linus Torvalds berhasil meluncurkan rilis baru kernel Linux 4.14, salah satu rilis yang membutuhkan tambahan RC akibat masalah yang tidak bisa diperbaiki dengan cepat.

Linux-libre

Pasca peluncuran, seperti biasa FSFLA (Free Software Foundation Latin America) menghadirkan kernel Linux-libre, varian kernel yang bersih dari berkas blob (binary tanpa source code), dan kali ini ia menginjak versi 4.14.

Linux-libre 4.14 tidak melakukan deblob (penghapusan blob) sebanyak rilis-rilis sebelumnya. Tertulis di laman FSFLA.org, Linux-libre 4.14 hanya melakukan deblob pada driver rtl8822be, driver untuk perangkat Realtek RTL8822BE. Di luar itu adalah penghapusan kode deblob pada subtree firmware (mengikuti upstream) dan penyesuaian antarmuka baru request_firmware_into_buf.

Perubahan paling banyak di rilis kali ini adalah pembaruan deblob pada microcode, amdgpu, xrx200, skylake sound, irda-usb, brcmfmac, netronome nfp, rt5514, dan iwlwifi.

Bagi Anda yang percaya dengan kebebasan mutlak yang harus dimiliki oleh pengguna, silakan unduh berkas tarball Linux-libre 4.14 di tautan ini. Pengembang juga menyediakan firmware bebas/merdeka di tautan ini.

Untuk mencicipi distribusi GNU/Linux yang membenamkan Linux-libre sebagai kernel utama, silakan unduh gNewSense, Parabola GNU/Linux, atau Trisquel.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top