Distro Slackware

KDE Plasma 5.11.4 Khusus untuk Pengguna Slackware-current, Penghapusan KDE4 Masih dalam Proses

Akhir tahun, Eric Hameleers alias alienBOB meluncurkan pembaruan repositori ktown, repositori pihak ketiga yang memperkenankan pengguna Slackware menggunakan desktop environment KDE Plasma 5. Seperti yang kita tahu, desktop environment bawaan Slackware adalah KDE lawas, KDE 4, sehingga repositori pihak ketiga seperti ini sangat membantu pengguna yang ingin menikmati lingkungan paling gres.

Slackware

Kabar tidak menyenangkan bagi pengguna Slackware 14.2, setelah menghentikan dukungan 32-bit, mulai sekarang Eric hanya akan meluncurkan pembaruan paket KDE Plasma 5 untuk Slackware-current. Seperti yang diumumkan melalui blognya, pembaruan Desember ini membawa KDE Plasma 5.11.4 yang dilengkapi dengan KDE Applications 17.12.0 dan KDE Frameworks 5.41.0 untuk Slackware-current secara eksklusif baik untuk 32-bit maupun 64-bit.

Setop dukungan KDE 4

Eric ingin fokus menyediakan KDE Plasma 5 di repositorinya, jadi cukup wajar jika ia menghentikan dukungan terhadap 14.2. Ia berasumsi, mayoritas pengguna Slackware 14.2 menggunakan beragam aplikasi pihak ketiga yang bergantung pada KDE 4 sehingga sangat beresiko bila Eric langsung menghapus repositori KDE4 dari ktown.

Untuk saat ini, KDE 4 (terutama paket kdelibs) belum total dihapus dari ktown, masih perlu beberapa pengujian sebelum benar-benar disingkirkan. Omong-omong, demi dukungan terhadap paket-paket aplikasi lawas juga menjadi alasan lain mengapa hal tersebut dilakukan.

Apa yang dilakukan oleh pengembang bisa membantu Patrick Volkerding jika sewaktu-waktu ingin mengalihkan desktop environment bawaan Slackware ke KDE Plasma 5.

Pasang KDE Plasma 5 di Slackware

Bagi Anda yang tidak sabar ingin menjalankan KDE Plasma 5 terbaru di Slackware-current, silakan baca referensi di berkas README. Atau jika Anda ingin mencobanya secara live, Eric menyediakan citranya di slackware.nl.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top