Distro

KDE neon Gantikan Installer Ubiquity dengan Calamares

Distro yang dibangun oleh KDE, KDE neon, memutuskan untuk menggunakan installer Calamares sebagai pengganti Ubiquity, installer yang dibangun oleh Canonical. Peralihan ini dilakukan setelah jejak pendapat para pengguna memenangkan Calamares.

Calamares adalah framework installer independen yang sudah dipakai oleh beberapa distro GNU/Linux termasuk Manjaro, KaOS, Netrunner, dan Chakra Linux.

Jonathan Riddell menyebutkan, peralihkan ke Calamares sudah dilakukan di edisi Developer Unstable dan untuk saat ini Calamares “terlihat berjalan dengan sangat baik”.

Namun, untuk sementara, peralihan ini harus mengorbankan beberapa fitur yang sebelumnya ada di Ubiquity seperti mode OEM, kemampuan instalasi restricted codecs, dukungan enkripsi /home, dan dukungan pembaruan paket-paket terbaru yang tidak tersedia di Calamares. Pengembang akan menambahkan fitur-fitur ini Calamares nanti. Selain itu, pengembang juga akan menyempurnakan dukungan enkripsi LUKS yang dirasa pengembang belum sempurna.

Berikut tampilan Calamares yang sudah diimplementasikan di KDE neon Developer Unstable:

KDE neon

KDE neon

Lengkapnya silakan kunjungi tautan ini.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top