Berita

Java Akan Dukung Musl Libc dan Alpine Linux

Alpine Linux akan mendapatkan dukungan Java beberapa waktu lagi.

Sejak Alpine Linux beralih ke musl libc sekitar dua tahun lalu, Java yang hanya mendukung pustaka glibc tentu tidak akan bisa berjalan di Alpine Linux. Oleh karena itu, muncul diskusi di mailing list OpenJDK untuk mem-port JDK (Java Development Kit), termasuk Java Runtime Environment (JRE), Java compiler, dan API ke pustaka musl libc.

Musl

Laman Musl-libc.org

Dijuluki sebagai Proyek Portola, usaha untuk mengolah dukungan musl di Java ini dipimpin oleh Mikael Vidstedt, committer JDK 9 di Oracle. Mengenai detail seputar hasil port masih didiskusikan, seperti arsitektur yang akan didukung dan apakah ia akan menganggap Alpine Linux sebagai sistem operasi baru atau salah satu versi distro Linux.

Pengembang merencanakan, source code awal Proyek Portola akan berbasiskan repositori JDK 10. Kemungkinan besar, Portola akan berjalan secara efektif di kuartal ketiga/keempat tahun ini, mengingat JDK sendiri baru akan menyentuh versi 9 sekitar bulan Juli sampai September 2017 nanti.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top