Distro

ISO Distribusi Pop!_OS dari System76 Aman dari Bug Ubuntu 17.10

Bug yang menyebabkan rusaknya BIOS pada beberapa merek laptop setelah instalasi Ubuntu 17.10 menjadi hal paling fenomenal di tahun ini. Bagaimana tidak? Setelah memasang Ubuntu 17.10 (dan beberapa distribusi lain, termasuk Antergos) di laptop Lenovo (dan merek lain, termasuk beberapa seri Acer), pengaturan BIOS/UEFI tidak dapat disimpan.

Pop!_OS

Namun, yang keren dari fakta ini, distribusi Pop!_OS yang dikembangkan oleh System76 justru malah aman dari bug mengkhawatirkan tersebut. Secara teknis, ISO pertama Pop!_OS sebenarnya juga memiliki bug yang sama, tetapi setelah Canonical meluncurkan patch perbaikan, System76 langsung mengimplementasikannya di ISO terbaru.

“Kami telah mendengar kekhawatiran dengan bug terbaru pada kernel Linux 4.13 yang dibenamkan di Ubuntu 17.10 dan Pop!_OS. Bug ini tidak mempengaruhi mesin System76. Ubuntu bergerak cepat untuk menambal masalah ini dan kami telah menerbitkan ISO baru yang memperbaiki bug ini ketika memasang Pop!_OS di laptop Lenovo maupun Acer. Jadi dapat ditegaskan, instal Pop! tanpa perlu rasa takut,” kata pengembang System76.

Meskipun patch perbaikan sudah ditulis Ubuntu beberapa hari yang lalu, sampai saat ini mereka belum meluncurkan ISO baru, mungkin memang masih diuji dan dipastikan bahwa patch benar-benar berjalan dengan baik tanpa memicu bug lainnya.

Bagi Anda yang mengalami bug serupa pada Ubuntu 17.10, silakan perbarui kernel dengan mengikuti langkahnya di kabar sebelumnya.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top