Arch Distro

ISO Arch Linux 2017.03.01 Diluncurkan, Hapus Dukungan 32-bit

Arch Linux

Bulan baru, ISO baru. Begitulah tradisi yang dilakukan Arch Linux selama ini.

Di bulan Maret ini, sesuai ekspektasi, pengembang Arch Linux meluncurkan berkas ISO baru, Arch Linux 2017.03.01 untuk Anda para pengguna lama yang ingin memasang Arch Linux di komputer lain atau untuk Anda calon pengguna distro rilis bergulir (rolling release) ini.

Sesuai keterangan sebelumnya, mulai versi ini, berkas ISO Arch Linux tidak akan mendukung arsitektur 32-bit. Jika Anda mengunduh lalu mem-boot berkas ISO tersebut, hanya akan ada pilihan arsitektur x86_64 tanpa i686. Jadi, bagi Anda yang memiliki perangkat keras super jadul, yang hanya mendukung 32-bit, Anda dipersilakan untuk mengunduh berkas ISO 2017.02.01.

Salah satu pengaruh dihapuskannya dukungan 32-bit adalah ukuran ISO yang lebih ramping. Sebelumnya, ukuran ISO Arch Linux hampir menyentuh 1GB, kini ukuran hanya di kisaran 500MB.

Arch Linux 2017.03.1 membawa kernel Linux 4.9.11 dan juga pembaruan-pembaruan base system yang hadir selama bulan Februari lalu.

Apabila Anda adalah pengguna Arch Linux, Anda hanya perlu menjalankan pacman -Syu untuk mendapatkan pembaruan layaknya di ISO ini, tanpa perlu mengunduh ISO dan menginstalnya lagi.

Berkas ISO Arch Linux 2017.03.1 bisa didapatkan melalui repositori devilzc0de dan repositori suro.ubaya.ac.id.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top