Free Software Open Source Software

Inkscape 0.92, Versi Baru dengan Peningkatan Dukungan SVG2 dan CSS3

Inkscape

Diluncurkan sejak tahun 2003, Inkscape menjadi perangkat lunak pengolah gambar vektor andalan para desainer sekaligus pegiat perangkat lunak bebas/merdeka dan open-source. Jangan terpancing dengan versi yang dirilis, walau belum mencapai versi 1.0, Inkscape sangat mumpuni dipakai untuk membuat gambar-gambar berkelas dalam format SVG. Di Indonesia, Anda bisa melihat beragam karya menarik dari anggota komunitas Gimpscape yang dibuat menggunakan perangkat lunak ini.

Hari ini, tim pengembang dibalik Inkscape akhirnya meluncuran versi 0.92 setelah hampir satu tahun pengembangan. Inkscape 0.92 memiliki banyak sekali pembaruan yang akan meningkatkan pengalaman pengguna (user experience/UX) serta kualitas karya yang dihasilkan.

Inkscape 0.92 Dukung Mesh Gradients, Perbarui dukungan SVG2 dan CSS3, dll

Inkscape 0.92 hadir dengan fitur mesh gradients. Fitur ini cocok dipakai para desainer grafik untuk membuat karya foto realistis. Mesh gradients merupakan fitur baru yang hadir di SVG2. Selain itu, ia juga membawa fitur Live Path Effects, drawing mode baru Spiro Live, BSpline, dan Roughen, serta fitur Simplify LPE, Perspective/Envelope, dan Lattice Deformation 2 untuk mendeform maupun mentransform elemen drawing secara interaktif.

Perangkat lunak ini juga telah menaikkan resolusi default dari 90dpi (dot per inch) ke 96dpi untuk meningkatkan dukungan CSS3.

Di sisi pengembangan, Inkscape 0.92 telah memperbarui sistem build CMake dan di masa mendatang pengembang juga akan beralih ke standar C++11, beralih dari bzr ke git, serta mulai menapaki GTK3.

Tentu saja, Inkscape 0.92 akan segera tersedia di repositori distro Anda, jika belum, Anda bisa mendapatkan source codenya di tautan ini. Pengembang juga sedang sibuk membangun paket snap untuk Inkscape. Berkas snap akan tersedia di tautan yang sama.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top