Berita

Hari Ini openSUSE.Asia Summit 2017 Diadakan di Jepang, 13 Pembicara dari Indonesia

Hari ini openSUSE.Asia Summit 2017 dimulai. Acara rutin yang tahun ini diselenggarakan di kota Chofu, Tokyo, Jepang merupakan ajang berbagi ilmu, bertemu pengembang, kontributor, maupun pengguna openSUSE dari Asia.

openSUSE.Asia Summit 2017
Figure 1. Logo openSUSE.Asia Summit 2017 yang digarap oleh Ramadoni Ashudi

Acara ini menghadirkan banyak pembicara dari beberapa negara, termasuk dari Indonesia, yang tidak kalah banyak jika dibandingkan dengan saat Indonesia menjadi tuan rumah openSUSE.Asia Summit 2016 yang lalu.

Ada 13 pembicara yang dimaksud di atas. Bila diurutkan sesuai waktu, hari Sabtu Muhammad Dhenandi Putra akan membawakan topik seputar Portus untuk mengontrol citra Docker, presiden openSUSE Indonesia Kukuh Syafaat yang akan membahas penggunaan AppImage dan Flatpak, Andi Sugandi yang akan membahas citra aplikasi containerised menggunakan OBS, dan Edwin Zakaria yang akan membawakan topik seputar penggalakan komunitas openSUSE dengan studi kasus komunitas openSUSE Indonesia.

Di hari yang sama, Alin Nur Alifah memperkenalkan aplikasi .NET yang ter-docker-isasi.

Minggu 22 Oktober, Yan Arief Purwanto mengulas pembuatan bot Telegram untuk tim penerjemah openSUSE ID, Sendy Aditya Suryana berbagi pengalaman saat ia dkk mengelola 42 sukarelawan openSUSE.Asia Summit 2016, Rizky Ariestiyansah yang mengulas penggunaan GOOSUSER dan Aframe untuk perdagangan bitcoin, Tonny Adhi Sabastian yang membicarakan layanan SSO menggunakan FLOSS, dan Saputro Aryulianto yang membahas penggunaan OpenStack LBaaS.

Di samping itu, ada juga Estu Fardani yang membahas pengujian Ansible roles menggunakan Molecule, Syah Dwi Prihatmoko yang mengenalkan pemonitoran modern memakai Prometheus dan Grafana, serta Umul Sidikoh yang membahas penggunaan LibreOffice.

Untuk melihat jadwal lengkap openSUSE.Asia Summit 2017, silakan simak events.opensuse.org.

Salam sukses buat bapak ibu di atas!

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top