Berita

Hanya Sediakan Paket 64-bit, Alldeb Webmaker Tambah Dukungan Ubuntu 17.10 Artful Aardvark

Ubuntu 17.10 Artful Aardvark meluncur tepat 19 Oktober lalu bersama dengan beragam variannya (Lubuntu, Xubuntu, Kubuntu, Ubuntu MATE, Ubuntu Budgie, dll) dengan sukses. Rilis ini termasuk rilis besar karena peralihannya ke GNOME dan bisa jadi merupakan rilis yang paling ditunggu oleh non-penggemar Unity.

Bagi Anda pengguna luring Ubuntu yang senang mengunduh paket-paket aplikasi .deb untuk disimpan dan dipasang kemudian, kabar baik, Alldeb Webmaker telah menambahkan dukungan Ubuntu 17.10 Artful Aardvark sehingga para pengguna dapat men-generate paket alldeb untuk rilis teranyar Artful Aardvark mereka.

Alldeb Webmaker
Figure 1. Laman Alldeb Webmaker

Untuk menggunakannya, silakan kunjungi www.alldeb.net/webmaker/ kemudian pilih Ubuntu 17.10 (Artful Aardvark). Jika Anda ingin mendapatkan paket alldeb untuk Ubuntu utama, pilih profil Ubuntu Desktop, tetapi jika ingin mendapatkan paket alldeb untuk varian-variannya silakan pilih profil Semua Varian berbasis Ubuntu 17.10.

Sayangnya, Alldeb Webmaker hanya menyediakan paket-paket alldeb 64-bit untuk Artful Aardvark, padahal paket aplikasi 32-bit sebenarnya masih disediakan oleh pengembang Ubuntu meskipun mereka sudah menyetop ISO 32-bit.

Ketikkan nama paket alldeb yang Anda inginkan pada kolom Nama Aplikasi, kemudian klik BUAT FILE.

Selain dapat dipakai untuk mengunduh berkas alldeb Ubuntu 17.10, Alldeb Webmaker juga bisa digunakan mengunduh paket alldeb untuk Ubuntu 14.04, 16.04, 16.10, dan 17.04. Begitu juga dengan Debian 8 dan 9, BlankOn 9 dan X, Linux Mint 18, 18.2, dan 18.3, serta elementaryOS 0.4.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

2 comments on “Hanya Sediakan Paket 64-bit, Alldeb Webmaker Tambah Dukungan Ubuntu 17.10 Artful Aardvark

  1. Nif Kurniawan says:

    Yup, untuk versi Ubuntu non-LTS saya biasanya hanya menyediakan versi desktopnya saja (di samping versi yang ‘semua varian’). Dan berhubung di rilis 17.10 ini versi Ubuntu Desktop hanya tersedia yang 64-bit, maka saya setting begitu juga di Alldeb Webmaker.

    InsyaAllah akan lebih lengkap di versi 18.04 LTS yang akan datang 🙂

    1. Terima kasih atas klarifikasinya mas Nif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top