Distro Zorin OS

Hampir Setahun Usia Rilis, Zorin OS 12 Sukses Diunduh Satu Juta Kali

Hampir satu tahun, distribusi GNU/Linux berbasis Ubuntu, Zorin OS, meluncurkan versi 12. Sejak saat itu, Zorin OS diunduh oleh banyak orang dan tepat bulan Maret 2017, rilis ini berhasil diunduh 500.000 kali (hanya 4 bulan!).

Zorin OS
Figure 1. Zorin OS 12

Zorin OS merupakan sistem operasi yang ditujukan untuk para mantan pengguna Windows dan macOS, atau paling tidak para pengguna Windows dan macOS aktif yang menggunakan GNU/Linux sebagai lingkungan kerja alternatif, sehingga tidak kaget kalau saat itu 60 persen pengunduh adalah pengguna dua sistem operasi populer tersebut.

Tepat awal bulan ini atau sekitar dua pekan sebelum Zorin OS 12 menginjak usia satu tahun, rilis ini mencapai milestone baru: diunduh satu juta kali lebih. Dibandingkan dengan milestone pertama (500 ribu kali unduhan) yang tercapai hanya sekitar 4 bulan saja, pencapaian 500 ribu kali unduhan selanjutnya ini tercapai 6-7 bulan. Mirip seperti sebelumnya, 60 persen pengunduh berasal dari sistem operasi Windows dan macOS.

“Kurang dari setahun sejak rilis awal, kami gembira menyampaikan bahwa Zorin OS 12 telah diunduh lebih dari satu juta kali. Kami juga senang melihat bahwa 60% data unduhan tersebut berasal dari Windows dan macOS, (yang) merefleksikan misi kami untuk menyediakan kekuatan Linux kepada orang-orang yang sama sekali belum pernah menggunakannya,” tulis tim pengembang Zorin OS via zoringroup.com.

Rencana pengembangan selanjutnya

Di pos yang sama, tim pengembang Zorin OS mengumumkan, mereka mengerjakan perkakas baru untuk mempermudah proses penyebaran dan pengelolaan Zorin OS pada banyak komputer. Perkakas ini direncanakan hadir di rilis mayor berikutnya.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top