BSD

HAMMER2 Resmi Dikenalkan di DragonFlyBSD 5.0

Lama dikembangkan, Matthew Dillon mengumumkan ketersediaan DragonFlyBSD 5.0, rilis mayor dengan sorotan fitur baru yang sangat menarik dan terkini.

DragonFlyBSD

Satu fitur “eksklusif” yang sangat menonjol di sistem operasi BSD ini, HAMMER2 akhirnya diperkenalkan secara resmi. HAMMER adalah sistem berkas dan fitur spesial di DragonFlyBSD. Dari segi teknis, cara kerja HAMMER mirip seperti ZFS, yakni mendukung deduplikasi data, snapshot, pengecekan checksum, dsb.

HAMMER2 dibangun pada tahun 2012 dan direncanakan hadir pada tahun 2013. Namun, akibat banyak hal, generasi baru HAMMER ini baru dapat diperkenalkan tahun 2017 ini di DragonFlyBSD 5.0. Seperti yang disampaikan Dillon beberapa waktu lalu, HAMMER2 hadir masih sebagai fitur eksperimental sehingga belum cocok dipakai pada mesin produksi.

“DragonFly 5.0 memiliki citra-tunggal dukungan HAMMER2, dengan dedup live, kompresi, pemulihan cepat, snapshot, dan dukungan boot. HAMMER2 belum mendukung multi-volume maupun clustering, meski perintah itu ada,” jelas pengembang.

Citra ISO DragonFlyBSD bakal tetap mendukung bootloader dengan /boot UFS di samping HAMMER2. Walau demikian, penginstal tetap akan memakai /boot UFS untuk instalasi HAMMER2.

Bersamaan dengan HAMMER2, pengembang juga menghadirkan pembaruan IPFW dengan kinerja yang lebih baik serta menghadirkan pembaruan driver i915—​sinkron dengan yang ada di kernel Linux 4.7.10. Ini berarti GPU Intel yang didukung DragonFlyBSD bisa sampai generasi Kabylake.

DragonFlyBSD 5.0 juga menjadi debut dukungan vgaswitcheroo sebagai modul dukungan grafis hybrid dan driver apple_gmux yang mengizinkan pengguna menggunakan chipset video Intel pada perangkat Intel/Nvidia maupun Intel/Radeon (Macbook).

Anda dapat memutakhirkan DragonFlyBSD 4.8 Anda ke 5.0 dengan mengikuti seksi Upgrading pada laman ini. Atau jika Anda ingin memasang DragonFlyBSD 5.0, Anda dapat memperoleh citra ISO-nya melalui dragonflybsd.org.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top