Berita

Gunakan Sistem Operasi GNU/Linux, Atari Perkenalkan Perangkat Game Ataribox

Atari baru saja mengumumkan bahwa mereka sedang mengembangkan Ataribox, kotak game kekinian seperti Steam Machine, Xbox, PS, dsb. Yang sangat menarik dari perangkat ini adalah digunakannya sistem operasi GNU/Linux dengan antarmuka hasil kustom yang mudah digunakan.

Disebutkan via rilis pers, Ataribox akan menggunakan prosesor AMD yang dikustom dengan teknologi grafis Radeon. Layaknya platform gaming lain, Ataribox tidak hanya sekadar untuk bermain game tetapi juga bisa dipakai untuk berselancar di internet, berinteraksi di media sosial, mendengarkan musik, menikmati streaming video, dll.

Ataribox

Lebih terbuka dan bebas

Membawa semangat keterbukaan, tidak seperti perangkat perusahaan lain, Ataribox mengizinkan pengguna mengakses dan mengustom sistem operasi yang dipakai. Dengan demikian, mungkin juga kita diberi kesempatan untuk menggantinya dengan SteamOS atau distribusi GNU/Linux desktop lain.

Ataribox juga bakal mengizinkan pengguna memainkan game-game yang didapatkan dari platform lain (seperti Steam) dengan syarat game kompatibel dengan sistem operasi dan perangkat keras tersebut. Di samping itu, Ataribox juga akan membawa banyak game-game klasik Atari. Belum disebutkan judul-judul game klasik apa yang akan dibenamkan.

Desain perangkat

Ataribox merupakan perangkat anyar yang didesain mirip perangkat Atarai lawas, Atari 2600, dengan bahan kayu pada panel depan. Pihak Atari juga menyiapkan versi kaca berwarna merah dan hitam jika Anda ingin perangkat berdesain kekinian yang tak kalah keren.

Ataribox

Akankah berhasil?

Steam Machine dari Valve tak seperti yang diharapkan para gamer Linux, meskipun sebenarnya kita patut memberikan apresiasi karena hadirnya Steam di GNU/Linux memancing para produsen game untuk mendukung sistem operasi ini. Ataribox bisa juga menjadi media naiknya pamor GNU/Linux di kalangan pemain game atau justru menjadi pemain besar. Siapa tahu?

Perangkat gaming ini akan dirilis melalui situs penggalangan dana Indiegogo musim ini. Keputusan yang menarik, dengan Indiegogo, mereka memberi kesempatan komunitas Atari untuk mendapatkannya lebih dahulu dengan edisi dan harga spesial. “.. dan menjadikan Anda mitra aktif di peluncuran Ataribox. Kami menginginkan Anda sebagai bagian dari sejarah,” tuturnya.

Sedangkan produk akan dikirim pada musim semi 2018 dengan harga sekitar 249 sampai 299 dollar Amerika.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top