Free Software Open Source Software

GTK+ 3.92, Rilis Pengembangan Terakhir Menuju GTK+4 Hadir

Rilis pengembangan toolkit GTK+ menuju GTK+4 kembali diluncurkan. Terakhir kali tim GTK+ mengumumkan rilis pengembangan GTK+ sekitar 4 sampai 5 bulan yang lalu yang saat itu membawa cukup banyak pembaruan dan perbaikan.

GTK

Tidak kalah dari rilis beberapa bulan lalu, GTK+ 3.92 yang baru diluncurkan kemarin juga mendapatkan pembaruan dan fitur-fitur anyar. GTK+ 3.92 merupakan rilis pengembangan terakhir sebelum mereka menerbitkan rilis finalnya sebagai GTK+ 4.

GTK+ 3.92 menyediakan lebih banyak widget yang mendukung GTK Scene Kit (GSK) dan menambahkan GtkEntry dengan perkakas pengambil emoji. Di samping itu, pra-rilis ini juga mulai mendukung pengubahan ukuran jendela tiled pada lingkungan X11 maupun Wayland, dukungan font-variant CSS3, dan peningkatan dukungan Vulkan. Satu perubahan yang juga tak kalah menarik adalah mulai dihapuskannya dukungan GNU Autotools. GTK+ 4 merupakan calon rilis mayor anyar GTK+ yang totalitas mendukung sistem build kekinian Meson.

Untuk mencicipi pra-rilis GTK+ silakan kunjungi laman git GTK+. Anda dapat mengunduh dalam bentuk .zip ataupun .tar.xz (cek bagian tag dan download), atau jika Anda lebih geek, Anda bisa memanfaatkan perintah git clone.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top