Berita

Grup Facebook LibreOffice Indonesia Terbengkalai?

Lama sebelum komunitas Belajar LibreOffice Indonesia (BLOI) terbentuk, di Indonesia ada grup daring LibreOffice Indonesia dalam bentuk grup Facebook. Beberapa sesepuh pun masuk jajaran admin, termasuk pak Sokhibi. Ada juga yang sekarang aktif mengasuh BLOI, Ade Malsasa Akbar.

Namun, semakin ke sini, grup Facebook ini semakin sepi, selain karena anggotanya yang tidak aktif menjawab pertanyaan, para admin juga sudah tak bisa mengelolanya akibat kesibukan masing-masing. Saat saya lihat, promosi dan spam ikut menghiasi konten grup. Jika ada pertanyaan pun, penjawabnya tak banyak, hanya satu dua orang atau lebih sedikit.

(Saya termasuk anggota, tetapi karena saya bukan pengguna aktif LibreOffice, saya pun juga tidak dapat membantu para penanya).

Untuk diskusi tertentu, di era ini, orang-orang sepertinya lebih memilih platform realtime (atau platform berorientasi privasi?) semacam Telegram, platform diskusi yang dipakai BLOI.

Tanggal 27 Juli kemarin, pak Sokhibi menuliskan situasi ini di grup tersebut. Dari diskusi pendek yang dilakukan, grup ini bisa saja terus dipertahankan, bisa saja dibubarkan. Semua tergantung admin.

LibreOffice Indonesia

Tulisan pak Sokhibi, selaku admin, di LibreOffice Indonesia

Ada admin lain yang mengusulkan kalau grup LibreOffice Indonesia diambil alih pengurus BLOI, tetapi sayang, sampai saat ini tidak ada pengurus komunitas ini yang ikut berkomentar. Diskusi benar-benar terhenti hari Kamis 27 Juli lalu.

Dengan anggota hampir 3.000 orang, kata orang Jawa, eman-eman melepas grup LibreOffice Indonesia. Apa lebih baik pengurus BLOI memang harus mengambil alih dan memindahkan ruang diskusi anggotanya ke Telegram BLOI? Atau admin lawas perlu mencari admin lain yang mau sepenuhnya mengurus grup? Atau justru Anda sendiri yang ingin sukarela menjadi admin?

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top