Free Software Open Source Software

GnuPG Sentuh Versi 2.2, Bawa Dukungan Elliptic Curve Cryptography (ECC)

GNU Privacy Guard atau yang lebih dikenal dengan GPG atau GnuPG adalah perkakas bebas/merdeka dan open-source untuk mengelola kunci kriptografi lintas-platform, dapat dipasang di GNU/Linux, Windows, BSD, dll.

GnuPG

Beberapa hari yang lalu, pengembang meluncurkan GnuPG 2.2 sebagai rilis terbaru dan termutakhir. GnuPG 2.2 membawa banyak fitur baru, di antaranya dukunga Elliptic Curve Cryptography (ECC), fitur ekspor kunci SSH yang terintegrasi, fitur dirmngr yang masuk ke dalam bagian GnuPG (kini fitur ini juga bertugas mengakses keyserver), dan pembaruan Pinentry.

Pembaruan penanganan keyserver pool, revocation certificates yang dibuat secara default, dan pembaruan sertifikat X.509 juga hadir di sini.

Selain pembaruan fitur, GnuPG 2.2 juga menghapus penggunaan secring.gpg sebagai penyimpan kunci rahasia (secret key) dan menghapus dukungan kunci PGP-2. Anda dapat melihat catatan perubahan lengkap di tautan ini.

Source code GnuPG 2.2 dapat diunduh via gnupg.org, cocok untuk pengguna yang ingin meng-compile-nya sendiri.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top