Desktop Environment

GNOME 3.26 Diluncurkan, Pembaruan GNOME Settings dan Dukungan Emoji Warna Hadir

Hari yang ditunggu-tunggu oleh pengguna desktop environment GNOME.

GNOME

Tepat tanggal 13 September, pengembang resmi meluncurkan GNOME 3.26 sebagai desktop bebas/merdeka dan open-source termutakhir untuk sistem operasi FLOSS, termasuk GNU/Linux.

GNOME 3.26 dikembangkan selama setengah tahun dengan 24.105 perubahan yang dikerjakan oleh 778 kontributor. Rilis ini pun diberi nama kode “Manchester”, nama lokasi penyelenggaraan konferensi GNOME Guadec 2017 kemarin.

Apa saja sih yang baru di GNOME 3.26 Manchester?

Banyak sekali!

GNOME Settings mulai diperkenalkan di sini. GNOME Settings adalah GNOME Control Center dengan tampilan baru. Grid kumpulan ikon yang ada di GNOME Control Center telah dialihkan menjadi sidebar yang dijamin semakin mudah dipakai dan cepat diakses. Tampilan anyar ini juga lebih bagus apabila jendela diperbesar maupun diperkecil.

Pembaruan komponen paling mencolok di perkakas tersebut adalah tata letak GNOME Network Settings. “(Pengaturan) Wi-Fi sekarang memiliki area sendiri dan dialog pengaturan jaringan telah dikerjakan ulang, sehingga lebih rapi, bersih, dan mudah dipakai,” jelas pengembang.

GNOME Display Settings juga telah diperbarui di sini. Selain ada baris tombol baru untuk memudahkan pengaturan bagaimana monitor ditampilkan, GNOME Display Settings juga menyediakan fitur preview pada pengaturan penskalaan. “Fitur ini mengizinkan tampilan disesuaikan dengan kepadatan (biasa disebut sebagai PPI atau DPI), menghasilkan jumlah konten tepat yang akan ditampilkan, dan membuatnya mudah dibaca,” tulis pengembang saat menjelaskan fitur tersebut.

GNOME Display Settings
Figure 1. GNOME Display Settings (gnome.org)

Fitur penskalaan di atas masih implementasi awal sehingga mungkin belum terlalu matang. Pengembang menargetkan rilis GNOME selanjutnya sebagai versi penyempurnaan fitur tersebut.

Jika Anda menggunakan dua peramban (Firefox dan Epiphany) secara bergantian dan tetap ingin mempertahankan data selancar sama seperti password tersimpan, history, bookmark, dan tab terbuka, Anda dapat memanfaatkan Firefox Sync yang kini didukung oleh Epiphany. Masih seputar selancar di internet, GNOME 3.26 sekarang mendukung emoji warna, sehingga Anda dapat melihat beragam status media sosial ber-emoji dengan nyaman. Anda pun dapat memanfaatkan dialog emoji jika ingin menggunakan emoji dalam pesan Anda. Tinggal copas saja! 😉

Emoji warna GNOME
Figure 2. Emoji warna di GNOME 3.26 (gnome.org)

Pembaruan lainnya dapat ditemukan pada GNOME Boxes yang kini memperkenankan pengguna berbagi folder dengan mesin virtual lain atau dengan host, GNOME Software yang memiliki informasi progress lebih akurat, GNOME Photos yang memiliki kontrol baru untuk zoom, GNOME Evolution yang memiliki bar To Do, dan GNOME Tweaks (dulu GNOME Tweak Tool) yang mengizinkan pengguna memindah tombol jendela ke kanan atau ke kiri.

Beberapa daerah di dunia sudah mulai merencanakan agenda pesta rilis yang memang rutin dilakukan setiap rilis mayor baru GNOME. Di Indonesia sendiri, pesta rilis akan diselenggarakan di kantor Prism, Yogyakarta hari Sabtu 16 September 2017 pukul 14.00 WIB (meski dalam wiki GNOME disebutkan pukul 15.00 WIB).

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top