Berita

Gawat, Instalasi Ubuntu 17.10 Dapat Merusak BIOS (UEFI) Laptop Lenovo

Anda ingin membeli laptop Lenovo di bulan Desember ini? Kami pikir Anda harus menundanya terlebih dahulu.

Berdasarkan laporan bug yang disampaikan oleh Tobia Antoniolli via Launchpad. Sistem operasi Ubuntu 17.10 Artful Aardvark yang diinstal di laptop Lenovo berpotensi merusak BIOS laptop.

Update: masalah ini juga mempengaruhi pengguna Legacy Mode di samping UEFI.

Masih banyak orang yang menyebut firmware UEFI sebagai BIOS, termasuk pada laporan bug tersebut. Jadi apa yang disebut sebagai “BIOS” dalam laporan itu sebenarnya merujuk pada UEFI merujuk pada UEFI dan Legacy Mode.

Ubuntu 17.10

“Tak mungkin lagi menyimpan pengaturan pada BIOS dan setelah melakukan reboot, sistem akan dimulai dengan pengaturan lama,” kata Tobia. Yep. Salah satu pengaruh rusaknya UEFI pada perangkat tersebut adalah kita tak lagi dapat menyimpan segala hasil pengaturan karena meski telah “disimpan”, pengaturan akan hilang pasca sistem kita reboot.

Pengaruh lainnya, boot melalui USB jadi tak bisa lagi dilakukan mengingat perangkat USB sendiri tidak lagi dapat dikenali. Masalah yang sangat buruk.

Beberapa mesin Lenovo yang dikonfirmasi mengalami masalah ini adalah Lenovo Y50-70, B40-70, Flex-10, G40-30, S20-30, U31-70, Lenovo Yoga Thinkpad, Yoga 2, Ideapad 100-15IBY, dsb. Sayangnya Acer Aspire E5-771G juga mengalami hal serupa.

Anthony Wong dari Canonical menganggap ini adalah masalah serius. Sampai artikel ini diturunkan, ia dan pengembang lain tengah mengidentifikasi masalah apa yang menyebabkan bug itu muncul. Di saat yang sama, Lenovo sepertinya kurang perhatian dengan masalah ini. Salah seorang pengguna justru hanya disarankan oleh Lenovo untuk mengganti motherboard perangkat mereka.

Hari ini, Canonical masih mematikan tautan unduh Ubuntu 17.10 meskipun Anda tetap dapat mengaksesnya langsung lewat torrent atau cdimage. Tautan tersebut akan dihidupkan kembali jika masalah ini sudah diperbaiki.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

5 comments on “Gawat, Instalasi Ubuntu 17.10 Dapat Merusak BIOS (UEFI) Laptop Lenovo

  1. Ajib says:

    Laptopku z40-70 kena nih setelah coba install kde ubuntu versi kde lupa entah 17.10 apa 18.04
    Tapi yg jelas setelah reboot, pengaturan di bios tidak bisa tersimpan, boot dari usb juga tdk bisa. Aku kira tadinya battery cmos habis, setelah diganti battery cmos bahkan rela bongkar segel laptop tapi tidak membuahkan hasil. Ini masalah serius, sungguh terlalu lenovo

    1. Turut berduka mas 🙁 Kubuntu dan Lubuntu kemarin memang mengonfirmasi masalah ini[1]. Mungkin mas Ajib instal Kubuntu 17.10, tapi kurang tahu juga kalau citra harian 18.04 memiliki masalah serupa

      1: https://twitter.com/kubuntu/status/943298123018805248

  2. Arif Viansyah says:

    lenovo mah gitu

  3. Mister X says:

    yg nginstall 17.10 lewat mode legacy juga kena, bukan hanya uefi.

    1. Terima kasih mas 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top