Free Software Open Source Software

Firefox 53 Dirilis, Hapus Dukungan Prosesor Lawas, Implementasikan Quantum Compositor

Firefox

Mozilla kembali meluncurkan versi baru dari peramban Firefox. Peramban ini kini menyentuh versi 53 dan dirilis sekitar satu bulan lebih sejak kehadiran Firefox 52.

Peramban Firefox 53 hadir dengan banyak fitur baru, satu yang paling menarik adalah implementasi awal Quantum Compositor (baru mendukung Windows). Selain itu, ia juga membawa dua tema ‘compact’; terang (light) dan gelap (dark), mendukung tema lightweight di jendela private, dan Reader Mode yang menampilkan estimasi waktu baca.

Versi ini pun mulai menghapus dukungan perangkat dan sistem operasi lawas, terutama dukungan prosesor di bawah Pentium 4 dan AMD Opteron, sistem operasi Windows XP dan Vista, dan Mac OS X 32-bit.

Di sisi lain, Firefox 53 memperbarui fitur permission request — fitur untuk mengatur izin akses tertentu seperti notifikasi, lokasi, dan ruang penyimpanan luring (offline) di situs tertentu — yang dijamin lebih mudah, memperbarui desain visual untuk kontrol audio dan video, mendukung video WebM dengan background transparan. Mulai versi ini pula, pihak Mozilla menghapus kanal Aurora (kanal antara Nightly dan Beta) dari siklus pengembangan mereka.

Anda bisa menunggu kehadiran Firefox 53 di repositori resmi distro GNU/Linux. Bila Anda tidak sabar, Anda juga bisa mengunduh berkas binary-nya melalui laman mozilla.org.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top