Distro Fedora

Fedora Akan Hapus Versi Alpha Mulai Fedora 27 Nanti

Fedora

Fedora tidak akan lagi menyediakan versi Alpha. Keputusan ini disampaikan oleh Fedora Program Manager, Jan Kurik beberapa waktu yang lalu.

Apa artinya? Selama ini siklus pengembangan Fedora terdiri dari Alpha yang dihasilkan dari proses branching Rawhide, Beta, kemudian disusul Release Candidate (kandidat rilis) dan Final. Namun, versi Alpha dirasa sudah terwakili oleh Fedora Rawhide, sehingga untuk siklus pengembangan baru hanya terdiri dari Beta → RC → Final. Penerapan ini dimulai di pengembangan Fedora 27.

Keputusan ini dimulai dari proposal yang disampaikan oleh Dennis Gilmore dan Adam Williamson beberapa hari lalu. Menurut mereka, Fedora Rawhide sudah cukup menjadi platform pengembangan harian dan cukup untuk menarik pengembang baru. Sehingga Fedora Rawhide sudah cukup menjadi “versi Alpha”. Pengembang juga akan diuntungkan, tenaga untuk mengolah dan mengelola versi Alpha dapat dialihkan ke tempat lain.

Penghapusan versi Alpha juga akan meningkatkan fleksibilitas pengembangan. Misalnya, pengembang tidak perlu direpotkan dengan masalah saat menaikkan dan me-rebuild paket karena mereka hanya perlu me-revert perubahan tersebut.

Versi Fedora pertama tanpa Alpha adalah Fedora 27 yang akan hadir setelah Juni 2017, waktu peluncuran Fedora 26.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top