Distro Fedora

Fedora 26 Final Dirilis! GNOME 3.24, Python 3.6, dan LibreOffice 5.3 Hadir di Sini

Fedora

Kabar menyenangkan buat pengguna Fedora! Kemarin, tim Fedora resmi meluncurkan Fedora 26, rilis baru yang tentu menyediakan banyak pembaruan. “Halo semuanya! Saya sangat bangga mengumumkan ketersediaan Fedora 26. [..] Saya percaya ini adalah rilis Fedora terbaik yang pernah ada — lagi. Ini dikarenakan dedikasi, kerja keras, dan cinta dari ribuan kontributor Fedora setiap tahunnya,” ucap Matthew Miller, pimpinan proyek Fedora.

Sesuai prinsip Fedora yang ingin selalu membenamkan teknologi bleeding edge (teranyar), Fedora 26 Workstation menghadirkan banyak sekali pembaruan paket, dari desktop sampai paket-paket aplikasi coding.

Pembaruan Desktop GNOME dan LibreOffice

Rilis ini membawa GNOME 3.24, desktop environment GNOME termutakhir yang memiliki aplikasi GNOME Recipes dan fitur Night Light (fitur mirip F.lux atau Redshift). Selain itu, ada juga pembaruan pada panel Settings, termasuk pada pengaturan akun daring (online accounts), printer, dan pengelolaan pengguna. Anda dapat membaca beberapa fitur desktop ini di tulisan sebelumnya.

Bagi pengguna Fedora yang penasaran dengan tampilan NotebookBar pada LibreOffice, Fedora 26 telah menghadirkan LibreOffice 5.3, rilis LibreOffice pertama yang menyediakan fitur eksperimental tersebut.

Dukungan aplikasi Qt di versi ini juga semakin bagus setelah pengembang memperbarui tema Adwaita yang mampu menampilkan aplikasi Qt layaknya aplikasi native, GTK. “Ada juga dua varian (Adwaita) yang di-port ke Qt, (untuk) kontras cerah dan gelap. Apabila Anda mengalihkan Adwaita ke kontras cerah atau gelap, aplikasi Qt Anda juga akan mengikuti,” tutur Miller.

Buat para pengembang aplikasi, tak lupa, Fedora 26 juga membenamkan perkakas pengembangan Golang 1.8, GCC 7, Python 3.6, dan pembaruan GNOME Builder yang meningkatkan dukungan Flatpak, Meson, CMake, dan Rust, serta perkakas Valgrind.

Selain Fedora 26 Workstation yang dapat diunduh di tautan ini, pengembang juga menyajikan varian Fedora 26 Server dan Fedora 26 Atomic Host yang membawa dukungan click-to-lounch untuk Amazon EC2.

Untuk Workstation, jika Anda tak tertarik dengan GNOME, Anda dapat mengunduh spin Fedora 26 dengan Xfce, LXQt, MATE Compiz, Cinnamon, dan LXDE di spins.fedoraproject.org.

Upgrade dari Fedora 25

Fedora merupakan distro GNU/Linux yang memiliki kemampuan upgrade sistem yang sangat baik. Jika Anda sudah memiliki Fedora 25, Anda dapat memutakhirkan sistem ke versi 26 melalui GNOME Software. Pilih tab Updates. Jika belum ada notifikasi pembaruan, klik tombol reload (tombol panah berputar) di pojok kiri atas.

Saat notifikasi pembaruan muncul, pilih Download. Sistem akan mengunduh pembaruan dan akan melakukan proses upgrade ketika Anda me-restart sistem.

Jika Anda lebih suka dengan cara nerd dan geek, silakan upgrade dengan menjalankan perintah di bawah ini:

$ sudo dnf upgrade --refresh
$ sudo dnf install dnf-plugin-system-upgrade
$ sudo dnf system-upgrade download --releasever=26
$ sudo dnf system-upgrade reboot

Perlu diingat, silakan backup sistem sebelum melakukan proses upgrade untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top