Distro

Endless OS 3.2 Meluncur, Perbarui Desktop ke GNOME 3.22

Di saat Endless OS masih menjadi bahan pembicaraan hangat di negeri ini, beberapa hari yang lalu tim pengembang menghadirkan Endless OS 3.2, rilis anyar dan termutakhir untuk para pengguna sistem operasi GNU/Linux ramah-kuota-internet.

Disampaikan oleh pengembang Endless OS, Mario, rilis 3.2 membawa banyak pembaruan, baik pada kernel Linux, OSTree, Flatpak, serta komponen-komponen GNOME.

“Seperti yang sudah Anda dengar, kami baru saja meluncurkan Endless OS 3.2 setelah kerja keras para pengembang di Endless, termasuk perubahan dan perbaikan penting yang tersebar di seluruh sistem operasi: dari yang kurang terlihat dari sistem inti (seperti kernel Linux baru, OSTree, dan peningkatan Flatpak, pembaruan pustaka …​) hingga ke bagian yang lebih terlihat termasuk rebase komponen-komponen dan aplikasi GNOME (seperti mutter, gnome-settings-daemon, nautilus..) ke yang lebih baru dan peningkatan ‘Endless apps’ dan pembaruan total desktop environment,” terang Mario.

Selama beberapa tahun ini, desktop environment yang digunakan Endless OS berbasiskan GNOME 3.8, kini di peluncuran Endless OS 3.2, ia diperbarui dengan basis desktop GNOME 3.22. Proses pembaruan ini memang cukup lama dikarenakan banyak sekali kode yang berubah antara rilis GNOME 3.8 dan GNOME 3.22. Selain desktop, saya tak mendapatkan keterangan detail seputar pembaruan kernel, OSTree, maupun Flatpak yang ada di rilis ini.

Berikut video demo Endless OS 3.2:

Untuk mengunduh citra ISO Endless OS terbaru silakan kunjungi laman unduh endlessos.com.

Jika Anda sudah membeli perangkat Acer dan Asus seri tertentu dengan Endless OS sebagai sistem operasinya, Anda dapat memutakhirkannya ke Endless OS 3.2. Baca juga cuap-cuap seputar kehadiran sistem operasi ini di Indonesia di Endless OS Masuk Indonesia! Tapi, Sistem Operasi Jenis Apakah Ini?.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top