Berita BlankOn

Enam Pengembang Undur Diri dari Tim Pengembang BlankOn, Terima Kasih Atas Kerja Kerasnya!

Tanggal 1 Januari 2017, seri kesepuluh distro bercita rasa Indonesia, BlankOn X Tambora, diluncurkan. Banyak kriteria kesuksesan peluncuran distro GNU/Linux. Salah satunya, di BlankOn X Tambora sendiri, rilis ini menggunakan slogan “BlankOn Mendunia”, yang ternyata sukses dengan banyaknya ulasan-ulasan seputar BlankOn X Tambora dari kanal-kanal YouTube non-lokal (lihat ini atau ini) yang sebagian besar ulasan menyatakan positif.

BlankOn

Booth BlankOn di openSUSE.Asia Summit 2016 (Kabar Linux)

Di balik itu, kabar peluncuran BlankOn X Tambora ternyata diikuti dengan kabar buruk (yang sekaligus kabar baik). Didiskusikan dan diumumkan malam kemarin, enam sesepuh pengembang BlankOn resmi pensiun dari tim Pengembang BlankOn. Keenam pengembang tersebut ialah,

  1. Ahmad Haris, selaku manajer rilis BlankOn X Tambora
  2. Sokibi, selaku koordinator tim Dokumentasi BlankOn X Tambora
  3. Mahyuddin Ramli atau Mhy, selaku koordinator tim pemaket BlankOn X Tambora
  4. Syah Dwi Prihatmoko, dari tim Rilis/Jaminan Kualitas BlankOn X Tambora
  5. Kukuh Syafaat, dari tim Kesenian BlankOn X Tambora
  6. Rahman Yusri Aftian, dari tim Jaminan Kualitas BlankOn X Tambora

Kabar baiknya? Pengunduran diri para pengembang merupakan usaha untuk menjalankan program regenerasi. Para pengembang “muda” diharapkan berpartisipasi menjadi pengembang BlankOn dan menyukseskan karya-karya berikutnya.

Sempat tersiar rumor, BlankOn X Tambora adalah merek terakhir dari “distro BlankOn”. Namun, sepertinya, kepastian pernyataan ini akan muncul setelah para pengembang melakukan rapat pasca rilis. Yang jelas, distro GNU/Linux BlankOn tetap dikembangkan dan tetap ada.

“Pengembang akan lanjut merilis distribusi Linux di bawah proyek BlankOn,” ujar pengembang di mailist BlankOn-Dev.

Kita akan melihat siapa saja para penerus pengembang BlankOn nantinya.

Kepada bapak Ahmad Haris, bapak Sokibi, bapak Mhy, bapak Syah Dwi Prihatmoko, bapak Kukuh Syafaat, dan bapak Rahman Yusri Aftian, terima kasih atas kerja kerasnya telah mewujudkan distro BlankOn.

Tulisan kesan menjadi pengembang BlankOn:

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top