Free Software Open Source Software

Email Client Thunderbird 52, Dukung PulseAudio dan Manajemen Event di Tab Calendar

Thunderbird

Laman Thunderbird

Pekan ini, Mozilla meluncurkan Thunderbird 52.0 sebagai email client termutakhir yang membawa banyak pembaruan fitur dan perbaikan bug. Thunderbird merupakan email client bebas merdeka dan open-source yang layak dijadikan sebagai pengganti Microoft Outlook.

Email client Thunderbird dari Mozilla ini menjadi seri ESR (Extended Support Release) selanjutnya setelah Thunderbird 45.

Seperti dugaan sebelumnya, Thunderbird 52 membawa banyak fitur baru, salah satu yang menonjol adalah dukungan PulseAudio di sistem operasi GNU/Linux. Ini merupakan fitur yang diturunkan dari Mozilla Firefox 52.

Versi ini juga menyediakan dukungan impor pengaturan dari Becky! Internet Mail serta kemampuan untuk menyalin message filter. Selain itu, Thunderbird juga mulai bisa me-like cuitan dari Twitter dan mengirim Direct Messages serta memperbarui XMPP dengan mekanisme otentifikasi SASL SCRAM.

Di samping itu, Thunderbird 52 telah memperbarui dukungan berkas LibreOffice dan MS Office, terutama pada penanganan lampiran gambar di jendela compose, memperbarui fungsionalitas caching IMAP, menambah fitur untuk membuat dan mengedit event di tab di Calendar, dan lain sebagainya. Oiya, Thunderbird 52 tak lagi mendukung Yahoo! Messenger, menyusul protokol chat tersebut yang memang sudah tidak didukung Yahoo.

Buat pengguna tiga sistem operasi besar, khususnya GNU/Linux, Anda bisa mendapatkan Thunderbird melalui laman resminya. Namun, alangkah baiknya jika Anda menunggu kehadiran versi baru ini di repositori distro yang Anda pakai.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top