Distro elementaryos

Elementary OS Perbarui AppCenter, System Settings, dan Ikon

Selama bulan Juli kemarin pengguna elementary OS Loki memeroleh cukup banyak pembaruan. Elementary OS sendiri adalah distribusi GNU/Linux yang dibangun dari awal dengan desktop environment Pantheon dan saat ini telah menyentuh versi 0.4.1 dengan nama kode Loki.

elementary OS

elementary OS 0.4 Loki

Pembaruan yang cukup besar dapat ditemukan pada toko aplikasi AppCenter. Aplikasi ini sekarang memiliki carousel (semacam slide) yang menampilkan aplikasi-aplikasi populer, yang diunduh paling banyak dalam 24 jam terakhir. Di samping itu, sekarang pengguna akan tahu apabila AppCenter sedang melakukan sesuatu seperti sedang mengunduh pembaruan atau menginstal aplikasi karena di bagian headerbar AppCenter bakal menampilkan spinner (logo berputar seperti proses loading). Toko aplikasi ini juga menampilkan aplikasi-aplikasi default bersebelahan dengan AppCenter Dashboard alih-alih menampilkannya di seksi “Uncurated”.

Fitur baru yang mungkin fungsional adalah menu “Share” pada footer. Dengan menu ini, Anda dapat membagikan URL AppCenter ke media sosial aplikasi favorit Anda. Penjelasan seputar fitur ini dapat dilihat di blog elementary OS. Pembaruan lain, pengembang telah membersihkan kode UpdateManager, supaya di masa mendatang pengembang tak kesulitan jika ingin menambah fitur-fitur fungsional lain pada perkakas ini.

Pembaruan System Settings dan ikon

Bulan Juli kemarin pengembang juga meningkatkan layer kompatibilitas GNOME Control Center pada System Settings serta memperbaiki masalah pada display eksternal yang menyebabkan pengaturan penutupan lid tidak bekerja dengan baik ketika sistem memakai bahasa non-Inggris.

Selain itu, elementary OS Loki juga mengembalikan penggunaan ikon media berwarna segala ukuran dan menambah ikon baru untuk speaker/mikrofon. Begitu juga meningkatkan fungsi perkakas penangkap layar (Screenshot) serta memperbaiki fitur Terminal.

Siapapun yang belum memperbarui elementary OS Loki-nya, untuk mendapatkan pembaruan-pembaruan di atas silakan klik “Update All” pada AppCenter. Semoga sukses!

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top