Distro Linux Mint

Edisi Xfce dan KDE untuk Linux Mint 18.3 Sylvia Diluncurkan

Beberapa jam yang lalu, proyek Linux Mint meluncurkan Linux Mint 18.3 Sylvia edisi Xfce dan KDE, dua edisi yang tak kalah populer dibandingkan edisi utama Cinnamon dan MATE.

Linux Mint

Seperti yang sempat kami singgung di rilis Beta, Linux Mint 18.3 Xfce dan KDE membawa pembaruan yang sama seperti edisi Cinnamon dan MATE, di antaranya Software Manager yang makin bagus apalagi ditambah dukungan Flatpak dan perkakas untuk menyadangkan (Backup Tools) yang lebih fungsional. Backup Tools telah ditulis ulang, kini didedikasikan untuk membuat cadangan direktori home, tidak kurang dan tidak lebih, kata pengembang. Ia berjalan di mode user sehingga tidak memerlukan password.

Selain itu, mereka juga membawa Timeshift sebagai perkakas snapshot sistem, membawa Crash Reports yang lebih informatif, dan login screen yang semakin oke. Khusus untuk edisi Xfce, ia juga menyediakan pembaruan XApps (Xed, Xreader, dll).

Pada bagian desktop environment, Linux Mint 18.3 Sylvia Xfce menggunakan Xfce 4.12 sedangkan edisi KDE masih bertahan dengan KDE Plasma 5.8. Omong-omong, keduanya menyertakan kernel 4.10.

Sebagai informasi, rilis ini adalah rilis terakhir untuk Linux Mint edisi KDE, mulai versi 19 ke atas, pengembang akan fokus pada edisi Cinnamon, MATE, dan Xfce. Jadi, bagi penggemar Linux Mint KDE diharapkan untuk beralih ke edisi lain atau mungkin tetap bertahan tapi memakai repositori PPA KDE dari Kubuntu. Namun tenang saja, Anda tak perlu tergesa-gesa melakukannya karena Linux Mint 18.3 akan didukung sampai tahun 2021.

Untuk mengunduh citra ISO Linux Mint 18.3 Sylvia edisi Xfce dan KDE, silakan kunjungi linuxmint.com. Bagi pengguna versi 18.2, Anda dapat memutakhirkannya lewat Software Updater.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top