Debian Distro

Dukungan Reproducible Builds pada Paket-Paket Debian Capai 94%

Selama dua tahun terakhir ini, Debian mengerjakan proyek reproducible builds. Buat Anda yang tidak tahu, secara sederhana, reproducible builds merupakan teknologi untuk memastikan bahwa berkas binary aplikasi benar-benar di-build dari source code aplikasi tersebut.

Debian

Ia adalah salah satu teknologi sukses dari proyek Debian. Pada tahun 2015, Debian masih bekerja sendiri menerapkan dukungan reproducible builds pada paket-paket mereka. Hari ini, distro-distro GNU/Linux lain sudah mulai menggandeng teknologi tersebut. Sebut saja Fedora, openSUSE, LEDE, Tails, Arch Linux, dan GuixSD. Bahkan sistem operasi FreeBSD dan NetBSD juga melakukannya.

Menurut laporan terbaru, dukungan reproducible builds pada Debian hampir selesai yakni mencapai 94%, dan ini akan terus meningkat hingga Debian 10 Buster nanti. Ada sekitar 1.300 paket yang belum mendukung reproducible builds di Debian Unstable (Buster).

Laporan ini disampaikan oleh Mattia Rizzolo via mailist debian-devel-announce. Jika Anda ingin melihat proyek-proyek lain yang mendukung reproducible builds, silakan kunjungi reproducible-builds.org.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top