Alpine Linux Distro

Dukungan EFI dan Bootloader GRUB Hadir di Alpine Linux 3.7.0 Final

Akhir bulan November, tim pengembang Alpine Linux mengumumkan rilis baru Alpine Linux 3.7.0. Rilis anyar distribusi berbasis Musl libc dan Busybox ini merupakan hasil pengembangan selama lima bulan sejak kehadiran versi 3.6.2 pada bulan Juni.

Alpine Linux

Banyak pekerjaan yang dilakukan di rilis ini, terutama pada bagian dukungan EFI. Yep, mulai rilis 3.7.0, Alpine Linux resmi mendukung firmware EFI. Fitur lain yang selama ini digodok dan berhasil diluncurkan adalah dukung penginstal untuk GRUB, mengingat selama ini alat penginstal Alpine Linux hanya mendukung Syslinux sebagai bootloader-nya.

Di luar itu, Alpine Linux 3.7.0 menghadirkan pembaruan kompilator GCC 6.4 dan LLVM 5.0, Go 1.9, Perl 5.26, Node.js 8.9, Rust 1.22, dan PostgreSQL 10. Ada juga cURL 7.57.0, Aria2 1.33.1, kernel 4.9.65, dll. Ruby 2.2 terlihat tidak dipelihara (unmaintained) di rilis ini.

Citra ISO Alpine Linux 3.7.0 dapat diunduh melalui alpinelinux.org. Anda juga dapat memutakhirkan Alpine Linux 3.6.2 Anda ke rilis ini menggunakan perkakas manajer paket apk.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top