Berita

The Document Foundation Terbitkan Laporan Tahunan 2016

Kemarin, Italo Vignoli menerbitkan laporan tahunan The Document Foundation (TDF) 2016. Sebagai organisasi profesional, TDF selalu merilis laporan yang dapat dibaca dan dibagikan ke khalayak umum.

Laporan tahunan TDF 2016

Kover laporan tahunan TDF 2016

Dalam laporan tahunan 2016 ini, TDF menyebutkan bahwa tahun tersebut adalah tahun yang sibuk tapi tetap menggembirakan mengingat empat organisasi resmi bergabung menjadi anggota Advisory Board (Dewan Penasehat) TDF; Canonical, KDE e.V., FSFE, dan GNOME Foundation. Layaknya laporan pada umumnya, TDF juga menerbitkan detail laporan keuangan di sini.

Selama tahun 2016, TDF sukses mengumumkan 12 rilis LibreOffice; LibreOffice 5.0.5, 5.1.1, 5.1.2, 5.0.6, 5.1.3, 5.1.4, 5.1.5, 5.2.1, 5.2.2, 5.1.6, 5.2.3, dan 5.2.4, beserta LibreOffice Online—​perangkat lunak LibreOffice yang ditujukan untuk lingkungan awan (cloud). Kejutan di tahun lalu adalah proyek UI Muffin yang membawa antarmuka NotebookBar pada LibreOffice.

Keterangan seputar konferensi LibreOffice dan proyek-proyek lokal seperti pengadaan acara dan pemasaran oleh komunitas Jepang, sprint QA oleh komunitas Taiwan, pengadaan acara dan terjemahan oleh komunitas Albania, pengadaan acara di sekolah oleh komunitas Italia, pengunggahan video seputar penggunaan LibreOffice dan penerjemahan oleh komunitas Prancis, proyek penerjemahan oleh komunitas Brasil, Spanyol, dan Paraguai serta proyek lain dari komunitas India dan Jerman dapat ditemukan di sini.

Bagian menariknya. Kita akan senang melihat komunitas Indonesia ikut terjun membantu pengembangan LibreOffice dan berpotensi disebut di laporan tahunan 2017 atau 2018. Siapa tahu? Itu tergantung kita semua, lantaran kemarin malam (21/7) Italo Vignoli mulai tertarik dengan komunitas Belajar LibreOffice Indonesia.

Laporan-laporan lengkap lain seputar hackfest, ESC (Engineering Steering Committee), desain antarmuka LibreOffice, dokumentasi, infrastruktur, laman blog, media sosial, pemasaran, sertifikasi, dan Document Liberation Project dapat dibaca di tautan ini.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top