Distro

Distro GNU/Linux Q4OS Hadirkan Varian Baru untuk Pine64

Q4OS

Tangkapan layar Q4OS dengan desktop TDE

Proyek distro berbasis Debian dengan desktop Trinity Desktop Enivironment, Q4OS, meluncurkan varian baru untuk perangkat Pine64. Pine64 merupakan SBC (Single Board Computer) layaknya Raspberry Pi, yang hadir dengan arsitektur ARM64.

Q4OS untuk Pine64 dibangun dengan basis Debian 8 “Jessie” sehingga, jelas, ia diturunkan dari seri 1.8. Varian ini pun membawa kernel Linux yang memang dioptimasi untuk perangkat Pine64.

Menurut pengembang, varian ini berjalan stabil dan cepat, “karena keringanan dan khas kebutuhan perangkat keras (berspesifikasi) rendah,” tambahnya.

Bagi pengguna yang ingin menggunakan Q4OS Pine64 dengan fitur penuh, pengembang juga menyediakan set repositori Debian stable dan Trinity yang lengkap.

Kehadiran varian ini menjadi kabar gembira buat para pengguna Q4OS yang sehari-hari hanya menjalankannya di perangkat x86. Untuk mengunduh berkas image-nya, silakan kunjungi laman unduh Q4OS. Sedangkan tata cara instalasi bisa diakses di tautan ini.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top