Distro

Distribusi Asal Rusia, ROSA Desktop Fresh R10 Diluncurkan

Cukup banyak distribusi GNU/Linux yang dirilis awal-awal Desember ini, dan salah satunya adalah ROSA Desktop Fresh R10. ROSA merupakan distribusi yang dikembangkan oleh perusahaan dari Rusia sekaligus merupakan salah satu distribusi yang dibangun dari basis Mandriva, selain Mageia dan OpenMandriva.

ROSA Linux

ROSA Desktop Fresh R10 adalah rilis kedua dengan basis platform rosa2016.1. “Distribusi ini fokus ditargetkan kepada para advokat Linux yang ingin mencoba-coba perangkat lunak versi baru,” kata pengembang. “Berdasarkan pembaruan kebijakan, platform rosa2016.1 memiliki masa dukungan teknis selama 4 tahun.”

Meskipun menamakan diri sebagai “Fresh”, paket-paket di rilis ini tidak sesegar seperti yang dibayangkan. ROSA Desktop R10 membenamkan kernel Linux 4.9.60 LTS dan Mesa 17.1. Meskipun begitu, distribusi ini juga menyediakan versi terbaru 4.13 di repositori resminya. Rilis ini juga menyertakan tambalan kerentanan KRACK pada protokol WPA2, memperbaiki dukungan grafis hybrid ketika sistem memakai Nvidia Optimus, dan memperbaiki isu koneksi jika menggunakan adapter USB Wi-Fi.

Peningkatan keamanan dan kompatibilitas dengan Fedora/RHEL juga dilakukan dengan menambahkan pustaka OpenSSL ekstra libcrypto.so.10 dan libssl.so.10.

Sampai saat ini, ROSA Desktop, terutama versi R10, tetap menyediakan dukungan dua desktop environment; KDE 4 dan KDE Plasma 5. Untuk mengunduh citra ISO ROSA Desktop Fresh, silakan kunjungi en.rosalinux.com/downloads/.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top